MINAT BERDAKWAH DI CYBERMEDIA MAHASISWA KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM (KPI) UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF KIAI HAJI SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO ANGKATAN 2019

Mohammad Irfan, Agiel Razaky (2023) MINAT BERDAKWAH DI CYBERMEDIA MAHASISWA KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM (KPI) UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF KIAI HAJI SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO ANGKATAN 2019. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Mohammad Irfan Agiel Razaky_Minat Berdakwah di Cybermedia Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Universitas Prof Kiai Haji Saifuddin Zuhri Angkatan 2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu profil prodi KPI UIN Kiai Haji Saiffudin Zuhri Purwokerto adalah memiliki kompetensi lulusan sebagai profesi Da’i. prodi KPI UIN Kiai Haji Saiffudin Zuhri Purwokerto juga mengantarkan mahasiswa/i dalam mengguanakan cybermedia secara baik sesuai dengan tujuan dari fakultas dakwah salah satunya, menghasilkan lulusan yang mulia professional di bidang ilmu komunikasi dan penyiaran islam, menghasilkan model-model pengabdian dan pendampingan masyarakat dengan pendekatan komunikasi dan penyiaran islam dan memiliki komitmen dakwah yang tinggi. Hal tersebut juga didukung dari mahasiswa/i yang membuat konten dakwah di cybermedia, seperti Youtube, Instagram, Blog, dll. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat berdakwah mahasiswa KPI UIN Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto Angkatan 2019. Penelitian ini dilakukan menggunakan penelitian lapangan (field research). Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif dimana penelitian yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu; Angket/Kuesioner dalam bentuk googleform. Dengan langkah-langkah analisis data sebagai berikut: Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar minat berdakwah mahasiswa KPI UIN Kiai Haji Saifuddin Zuhri angkatan 2019 rendah, hanya 27%, meskipun 76% mahasiswa menyukai mata kuliah yang berkaitan dengan dakwah dan media. Kemudian faktor yang paling berpengaruh berasal dari faktor eksternal, yakni pengaruh tokoh dengan persentase 43%, salah satu tokoh tokoh publik yang dipilih yaitu Ustadz Hanan Attaki yaitu 36,4%. Kemudian jenis cybermedia yang banyak diminati mahasiswa KPI angkatan 2019 dalam berdakwah adalah instagram dan youtube dengan presentase 45% dan 24%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat, Dakwah, Cybermedia
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mohammad Irfan Agiel Razaky sdr
Date Deposited: 28 Jul 2023 03:39
Last Modified: 28 Jul 2023 03:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21269

Actions (login required)

View Item View Item