Upaya Guru Dalam Menerapkan Kedisiplinan Shalat Berjamaah Siswa Santri Terpadu (SST) di MI Ma'arif NU 01 Kajongan Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga

Seniatin, Azanah (2023) Upaya Guru Dalam Menerapkan Kedisiplinan Shalat Berjamaah Siswa Santri Terpadu (SST) di MI Ma'arif NU 01 Kajongan Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SENIATIN AZANAH.Fix.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas upaya guru dalam menerapkan kedisiplinan shalat berjamaah siswa santri terpadu (sst) di MI Ma’arif NU 01 Kajongan. Penelitian ini dilatar belakangi karena madrasah ini mempunyai program yaitu siswa santri terpadu (sst) adapun kesulitan disini adalah kesulitan guru dalam menerapkan kedisiplinan shalat berjamaah. Mengenai pentingya ibadah shalat dilaksanakan secara berjamaah maka ibadah shalat secara berjama’ah sangat perlu diterapkan pada anak agar kelak ketika mereka dewasa sudah terbiasa melaksanakan shalat berjamaah dan berusaha untuk selalu malaksanakannya dengan penuh disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh para guru dalam menerapkan kedisiplinan shalat berjamaah siswa santri terpadu (sst) di MI Ma’arif NU 01 Kajongan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini antara lain, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Subjek dari peneltian ini meliputi kepala madrasah MI Ma’arif NU 01 Kajongan, guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya yang dilakukan oleh para guru dalam menerapkan kedisiplinan shalat berjamaah siswa santri terpadu (sst) di MI Ma’arif NU 01 Kajongan Kecamatan Bojogsari Kabupaten Purbalingga antara lain : 1. Pelaksanaan dalam pelaksanaan ini mulai dari bel berbunyi tanda untuk melaksanakan shalat dan siswa untuk segera keluar dari kelas menuju ke masjid . 2. Perencanaan dalam tahap perencanaan guru tentunya harus bisa memberikan pengetahuan yang baik agar dapat menghasilkan kedisiplinan yang baik, peserta didik dalam menjalani ibadah sehingga dapat tercapai tujuan kedisiplinan shalat berjamaah sesuai yang diharapkan yaitu berupa: Guru memberikan pengajaran, melalui pembiasaan shalat dhuha dan dzuhur berjamaah, Melalui metode hukuman, Peserta didik memahami detai Buku Burdah (Buku Riwayat Dirasah dan Amaliyah Harian), Guru memberikan perintah dan motivasi, melalui kerjasama orang tua / wali siswa. 3. Evaluasi, dalam menerapkan kedisiplinan shalat berjamaah yaitu dengan mengacu pada buku burdah dan pertemuan rapat wali murid yang biasanya membahas dari mulai pembelajaran siswa-siswi di Madrasah dan kegiatan keagaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Kedisiplinan Shalat Berjamaah, Siswa Santri Terpadu (SST)
Subjects: 200 Religion > 260 Christian social theology
200 Religion > 260 Christian social theology > 268 Religious education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: SENIATIN AZANAH sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:26
Last Modified: 27 Jul 2023 08:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21268

Actions (login required)

View Item View Item