PEMBANGUNAN EKONOMI BERBASIS PERTANIAN GUNA MEWUJUDKAN KOTA AGROPOLITAN (STUDI KASUS KOTA BANJAR, PROVINSI JAWA BARAT)

ERNA, FITRI HARYANTI (2023) PEMBANGUNAN EKONOMI BERBASIS PERTANIAN GUNA MEWUJUDKAN KOTA AGROPOLITAN (STUDI KASUS KOTA BANJAR, PROVINSI JAWA BARAT). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Erna Fitri Haryanti_Pembangunan Ekonomi Berbasis Pertanian Guna Mewujudkan Kota Agropolitan (Studi Kasus Kota Banjar, Provinsi Jawa Barat).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang dengan sektor pertanian sebagai sumber mata pencaharian penduduknya, sebagian besar penduduk menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian. Pemerintah memberikan kebijakan pada sektor pertanian disesuaikan dengan keadaan dan perkembangan yang terjadi di lapangan dalam mengatasi berbagai persoalan yang menyangkut kesejahteraan bangsa. Sangat disayangkan jika pembangunan ekonomi tidak mempertimbangkan keanekaragaman hayati yang dimiliki untuk prospek masa depan. Maka dari itu suatu wilayah harus memiliki upaya untuk melakukan pembangunan ekonomi berbasis pertanian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, menggunakan metode deskriptif-kualitatif, peneliti mengumpulkan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Sumber ditentukan dengan teknik snow bowling sampling yaitu Kabid Infrastruktur dan Kewilayahan BAPPEDA, Kabid Pertanian DKPPP serta masyarakat Kota Banjar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen pemerintah Kota Banjar yang tinggi dengan melakukan penyusunan masterplan untuk mengidentifikasi potensi lokal beserta dukungannya yaitu sumber daya dan infrastruktur yang akhirnya pemerintah menuangkan agropolitan ke dalam visi misi Kota Banjar. Dukungan tersebut terlihat dari keterlibatan petani dalam kegiatan pengembangan program agropolitan. Implementasi pembangunan ekonomi berbasis pertanian didukung oleh luas lahan yang sudah diprediksi 200,13 Ha yang akan dijadikan kawasan agropolitan dan sumber daya manusia terlihat pada partisipasinya yang tinggi dalam pengembangan potensi lokal untuk pengembangan kawasan agropolitan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembangunan Ekonomi, Pertanian, Agropolitan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 333 Land economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Erna Fitri Haryanti sdri
Date Deposited: 28 Jul 2023 03:37
Last Modified: 28 Jul 2023 03:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21267

Actions (login required)

View Item View Item