EFEKTIVITAS PENANGANAN KASUS KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA TERHADAP PEREMPUAN PADA MASA COVID-19 (STUDI KASUS DI UPTD PPA DPPKBP3A KABUPATEN BANYUMAS PADA TAHUN 2021-2022)

Royanah, Royanah (2023) EFEKTIVITAS PENANGANAN KASUS KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA TERHADAP PEREMPUAN PADA MASA COVID-19 (STUDI KASUS DI UPTD PPA DPPKBP3A KABUPATEN BANYUMAS PADA TAHUN 2021-2022). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
skripsi_Royanah 1917302042 (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terhadap perempuan merupakan suatu permasalah yang sulit diberantas secara tuntas. Pemberantasan pada tindak kekerasan pada perempuan dari dahulu sampai sekarang dengan melalui kemajuan teknologi yang canggih pun kekerasan terhadap perempuan belum bisa ditangani secara efektiv. Kasus kekerasaan pada perempuan yang terjadi di Banyumas pada masa covid-19 cenderung dikatakan naik turun, melihat kasus-kasus ini UPTD PPA tetap membuka layanan dengan mengalihkan menjadi pengaduan online sebagai trobosan di masa covid-19. Dari uraiaan ini penulis telah mengkaji dengan menggunakan teori efektivitas hukum secara mendalam terkait bagaimana efektivitas penanganan kasus kekerasan dalam rumah tangga terhadap perempuan pada masa covid-19 oleh UPTD PPA Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dalam memperoleh datanya peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, datanya mengacu pada kasus kekerasan pada perempuan di wilayah Banyumas yang terjadi di masa covid-19, serta data IKM pada tahun 2021-2022 yang dikumpulkan oleh UPTD PPA melalui SUSANMAS Pemerintahan Kabupaten Banyumas. Dalam teknik Analisa data peneliti menggunakan metode induktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penanganan kasus kekerasan dalam rumah tangga terhadap perempuan dikatakan cenderung belum efektif dengan melihat dari 5 faktor penentu keefektivitasan hukum mengenai sumber daya manusia di UPTD PPA masih kurang, seta belum adanya MOU secara formal yang dilakukan UPTD PPA dengan Instansi lainnya. sarana dan prasarana dalam menjalankan layanan dimasa covid-19 sudah terpenuhi oleh UPTD PPA Kabupaten Banyumas. Walaupun sumber daya manusia yang masih belum terpenuhi, UPTD PPA dalam hasil Indikator kepuasan masyarakat yang diperoleh dari korban yang telah menyelesaikan kasusnya di UPTD PPA memperoleh nilai A atau bisa dibilang sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Penanganan kasus KDRT,Perempuan, Covid-19
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Royanah Royanah sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:04
Last Modified: 27 Jul 2023 07:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21263

Actions (login required)

View Item View Item