EFEKTIVITAS FINTECH BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN DALAM PROSES TRANSAKSI KEUANGAN ( STUDY KASUS SANTRI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL 'ULUUM BALONG, KECAMATAN KEDUNGBANTENG, KABUPATEN BANYUMAS)

Tiara Dwi, Risfani (2023) EFEKTIVITAS FINTECH BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN DALAM PROSES TRANSAKSI KEUANGAN ( STUDY KASUS SANTRI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL 'ULUUM BALONG, KECAMATAN KEDUNGBANTENG, KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
TIARA DWI RISFANI_EFEKTIVITAS FINTECH BAGI SANTRI DALAM PROSES TRANSAKSI KEUANGAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pondok pesantren Roudlotul ‘Uluum merupakan pondok pesantren salafiyah yang berlokasi di kecamatan Kedungbanteng, kabupaten Banyumas. Pondok pesantren salafiyah yang dikenal memiliki peraturan adanya pembatasan penggunaan tekhnologi bahkan santri tidak diperbolehkan membawa tekhnologi dikarenakan kekhawatiran mengganggu pembelajaran santri, selain itu faktor pembelajaran tradisional dengan kurikulum yang kaku sesuai dengan aturan kyai. Berbeda dengan pondok pesantren Roudlotul Uluum dengan mayoritas santri merupakan mahasiswa yang tidak terlepas dari tekhnologi dalam kegiatan pembelajaran terutama pada perkuliahan. Oleh karena itu, santri diperbolehkan membawa dan menggunakan tekhnologi di dalam pondok pesantren. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas fintech bagi santri pondok pesantren Roudlotul ‘Uluum dalam proses transaksi keuangan dan untuk mengetahui jenis fintech yang dimanfaatkan oleh santri dalam memenuhi kebutuhanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, jenis penelitian yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan dekakriptif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara,observasi dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara terhadap santri, pengurus serta pengasuh pondok pesantren untuk mendapatkan informasi mengenai efektivitas fintech. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas fintech bagi santri dalam proses transaksi keuangan yaitu dengan adanya fintech santri dapat terpenuhi kebutuhan primernya seperti membeli pakaian, makanan secara online serta kebutuhan sekundernya seperti buku pelengkap perkuliahan, kitab, sabun, make up, ojek online, pengiriman jatah bulanan santri yang dapat dipenuhi dengan mudah menggunakan fintech jenis digital payment yaitu shopee, mbanking dan gojek. Sehingaa, dengan terpenuhinya kebutuhan santri maka santri dapat melakukan aktivitas didalam pondok pesantren maupun perkuliahan dengan baik tanpa terkendala

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evektifitas, Fintech, Santri
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
600 Technology (Applied sciences) > 690 Buildings
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: TIARA DWI RISFANI sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:09
Last Modified: 27 Jul 2023 08:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21261

Actions (login required)

View Item View Item