KEBIJAKAN JUAL BELI PUPUK BERSUBSIDI MENGGUNAKAN KARTU TANI PERSPEKTIF FIQIH MUAMALAH (Studi Kasus di Desa Lamuk, Sokanegara dan Krenceng Kecamatan Kejobong)

Retno Asih, Haryuningrum (2023) KEBIJAKAN JUAL BELI PUPUK BERSUBSIDI MENGGUNAKAN KARTU TANI PERSPEKTIF FIQIH MUAMALAH (Studi Kasus di Desa Lamuk, Sokanegara dan Krenceng Kecamatan Kejobong). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_RETNO ASIH HARYUNINGRUM_HES (1717301079).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam masyarakat desa terdapat praktik jual beli pupuk bersubsidi menggunakan kartu tani. Kartu tani berfungsi sebagai sarana akses layanan perbankan terintegrasi yang menjadi simpanan, transaksi, penyaluran pinjaman hingga kartu subsidi (e-wallet). Kartu tani bersifat wajib karena selain untuk pendataan jumlah petani dan pupuk subsidi, juga mengantisipasi terdistribusinya pupuk bersubsidi kepada pihak-pihak yang tidak berhak menerimanya. Setiap petani yang akan membeli pupuk subsidi diharuskan baginya untuk memiliki kartu tani tersebut. Oleh karena itu, penulis ingin mengkaji lebih dalam mengenai bagaimana kebijakan jual beli pupuk bersubsidi dengan kartu tani perspektif fiqih muamalah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field researh), yaitu penelitian di lokasi untuk menjadi objek penelitian. Sumber data sekunder yaitu sumber data yang diperoleh dari catatan dan buku-buku yang terkait dengan penelitian ini. Metode penelitian data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian metode analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menyatakan praktik jual beli pupuk bersubsidi bagi pembeli yang ingin mendapatkan harga lebih murah diharuskan menggunakan kartu tani. Dilihat dari analisis fiqih muamalah praktik jual beli pupuk diperbolehkan karena syarat dan rukun telah terpenuhi, namun terdapat syarat ketentuan yang diberikan oleh Pemerintah yakni terdapat dalam PP No. 77 Tahun 2005 yang sekarang berubah menjadi PP No. 15 Tahun 2011 tentang Penetapan Pupuk Bersubsidi Sebagai Barang Dalam Pengawasan dengan isi pada poin 9 yang berbunyi Kartu tani adalah kartu yang dikeluarkan oleh Perbankan kepada petani untuk digunakan dalam transaksi penebusan pupuk bersubsidi melalui mesin Electronic Data Capture di pengecer resmi, dengan tujuan agar pupuk subsidi tersebut tepat sasaran sesuai dengan kemasalahatan yang hendak dicapai oleh Pemerintah. Kata Kunci: kartu tani, pupuk subsidi, fiqih muamalah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kartu tani, pupuk subsidi, fiqih muamalah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Retno Asih Haryuningrum sdri
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:18
Last Modified: 28 Jul 2023 02:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21252

Actions (login required)

View Item View Item