ANALISIS FIKIH MUAMALAH TERHADAP PERJOKIAN PINJAMAN ONLINE PADA GRUP TELEGRAM

Eva, Setianingsih (2023) ANALISIS FIKIH MUAMALAH TERHADAP PERJOKIAN PINJAMAN ONLINE PADA GRUP TELEGRAM. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SSKRIPSI_EVA SETIANINGSIH (1917301116).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tentang kegiatan hutang piutang tidak hanya dilakukan oleh pemberi hutang dan orang berhutang saja, dalam jasa joki pinjaman online adanya orang yang menawarkan jasanya untuk membantu mencairkan sejumlah uang pada platform pinjaman tertentu. Hal itu tentu saja bersangkutan dengan upah-mengupah, jika dalam hal jasa joki pinjaman online di mana membayar seorang yang membantu mencairkan sejumlah uang dalam platorm pinjaman. penjoki dan pengguna jasa joki sepakat mematok harga sebagai upah karena telah mengerjakan pekerjaanya.ijᾱrah berarti melakukan akad mengambil manfaat sesuatu yang diterima orang lain dengan jalan membayar sesuai dengan perjanjian yang telah ditentukan dengan syarat-syarat tertentu pula. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang didapat dari sumber data primer yaitu sumber data yang diperoleh langsung dari lapangan. Sumber data sekunder yaitu sumber data yang diperoleh dari catatan dan buku-buku terkait pada permasalahan yang penulis kaji. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, dan wawancara, dokumentasi, kemudian teknik analisis data yang digunakan yaitu yuridis-normatif. Hasil penelitian ini menyatakan praktik joki pinjaman online di grup telegram dilakukan dengan cara penjoki membagikan link grup telegram yang berisikan tata cara dan testimoni para pengguna jasa joki melalui media sosial, nantinya pengguna joki akan bergabung ke dalam grup telegram melalui link yang dibagikan penjoki. Pengguna joki kemudian mengirimkan pesan pribadi lewat telegram kepada penjoki dan menanyakan terkait dengan penggunaan jasa joki pinjaman online yang akan digunakan. Dilihat dari analisis fikih muamalah mengenai pelaksanaan joki pinjaman online terdapat salah satu ketidaksesuaian rukun ijᾱrah yakni tentang pengambilan upah yang terlalu besar dan adanya biaya yang tidak disampaikan secara utuh pada saat perjanjian. Jika dilihat dari aspek pekerjaan yang dilakukan oleh penjoki yakni pekerjaan menurutIslam tidaklah diajurkan karena pekerjaan yang kurang baik, meskipun dalam Islam dianjurkan bagi umatnya untuk saling tolong-menolong tetapi untuk pekerjaan jasa joki ini termasuk tolong-menolong dalam hal kejelekan. Kata kunci :Fikih muamalah, Joki Pinjaman Online

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fikih Muamalah, Joki Pinjaman Online
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam (Ariyah, Riba, Sewa, Hiwalah, Rahn, Jialah, Asuransi, Dhoman)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: EVA SETIANINGSIH sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:17
Last Modified: 27 Jul 2023 08:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21251

Actions (login required)

View Item View Item