JUAL BELI PERABOTAN DENGAN SISTEM PEMBAYARAN BARNEN PERSPEKTIF KEBEBASAN BERKONTRAK (Studi Praktik Di Desa Cinyawang Kecamatan Patimuan )

Nur, Maulida (2023) JUAL BELI PERABOTAN DENGAN SISTEM PEMBAYARAN BARNEN PERSPEKTIF KEBEBASAN BERKONTRAK (Studi Praktik Di Desa Cinyawang Kecamatan Patimuan ). Skripsi thesis, UIN PROF. K.H SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
NUR MAULIDA_JUAL BELI PERABOTAN DENGAN SISTEM PEMBAYARAN BARNEN PERSPEKTIF KEBEBASAN BERKONTRAK (Studi Praktik Di Desa Cinyawang Kecamatan Patimuan).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masyarakat Desa Cinyawang melakukan kegiatan transaksi jual beli perabotan dengan sistem pembayaran barnen, yaitu pengambilan barang kepada penjual tanpa membayar uang dimuka namun dibayar lunas setelah panen. Pada transaksi ini penjual mengharuskan pembeli untuk membayar setelah panen, tanpa adanya angsuran pembayaran sama sekali. Pada umumnya dalam jual beli, setiap pihak memiliki hak dalam menentukan isi perjanjian, dengan siapa ia melakukan perjanjian dan berhak untuk memilih sistem pembayaran. Namun jual beli perabotan dengan sistem pembayaran barnen yang terjadi di Desa Cinyawang mengharuskan pembeli untuk membayar setelah panen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode lapangan (field research) yang bersifat deskriptif yang bertujuan mendeskrpsikan, mencatat, menganalisis mengenai bagaimana jual beli perabotan dengan sistem pembayaran barnen di Desa Cinyawang Kecamatan Patimuan. teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jual beli perabotan dengan sistem pembayaran barnen hukumnya sah dan boleh. Praktik jual beli perabotan dengan sistem pembayaran barnen di Desa Cinyawang Kecamatan Patimuan menurut kebebasan berkontrak hukumnya boleh. Syarat sahnya kontrak perjanjian pertama adanya kesepakatan antara kedua belah pihak kedua kecakapan dalam melakukan perbuatan hukum ketiga adanya objek kempat adanya klausa yang halal. Dalam asas konsensualisme dijelaskan bahwa pihak yang membuat perjanjian harus ada kesepakatan antara kedua belah pihak, jadi adanya sebuah kesepakatan dalam perjanjian jual beli sangatlah penting.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli, Pembayaran Barnen, Kebebasan Berkontrak
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.23 Perjanjian (Perburuhan, Tanah, Wadiah Kafalah)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nur Maulida sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:57
Last Modified: 27 Jul 2023 06:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21243

Actions (login required)

View Item View Item