Rosselawati, Rosselawati (2023) Strategi Pembelajaran Ekspositori Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas IX Di MTs Al Hidayah Karangsuci. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Rosselawati_Strategi Pembelajaran Ekspositori Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas IX di MTs Al Hidayah Karangsuci.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan pembelajaran itu sangat berkaitan erat dengan strategi dan metode pembelajaran. Strategi pembelajaran yang tepat akan membina peserta didik untuk berpikir mandiri, kreatif dan sekaligus adaptif terhadap berbagai situasi yang terjadi. Di MTs Al Hidayah Karangsuci khususnya kelas IX pembelajaran bahasa Arab kurang diminati dan dianggap membosankan karena dirasa sulit oleh sebagian siswa, hal itu dikarenakan berbagai faktor internal dan eksternal. Oleh karena itu guru bahasa Arab MTs Al Hidayah Karangsuci menerapkan strategi ekspositori dalam pembelajaran bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui Kesulitan Belajar Bahasa Arab Siswa MTs Al Hidayah Karang Suci dan Mendeskripsikan Strategi Guru Bahasa Arab dalam Mengatasi Siswa yang Mengalami kesulitan Belajar Bahasa Arab di MTs. Al Hidayah Karang Suci. Jenis penelitian ini adalah studi kasus (Case Study) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun objek penelitian dalam skripsi ini adalah strategi pembelajaran ekspositori dalam mengatasi kesulitan belajar bahasa arab siswa kelas IX di MTs Al Hidayah Karangsuci.. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab kelas IX dan siswa-siswi Kelas IX. Cara yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis menggunakan analisis data teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan penerapan strategi ekspositori di kelas IX di MTs Al Hidayah Karangsuci yaitu mengadakan bimbingam baca tulis Al-Qur’an, membentuk kelompok kecil saat pembelajaran berlangsung, menggunakan alat peraga, memberikan reward dan pujian, menggunakan media pembelajaran yang menarik. Serta kesulitan belajar yang dialami oleh siswa berasal dari faktor internal dan faktor eksternal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Ekspositori, Kesulitan Belajar, Pembelajaran Bahasa Arab |
Subjects: | 000 Generalities > 001 Knowledge 000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset 400 Language > 407 Education, research, related topics 400 Language > 490 Other languages > 495 Languages of East and Southeast Asia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Rosselawat Rosselawati sdri |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 02:46 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 02:46 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21241 |
Actions (login required)
View Item |