Analisis Penilaian Jaminan dan Penerapan Regulasi dalam Mengatasi Pembiayaan Bemasalah pada KSPPS Hanada Quwais Sembada Kebasen

Anis, Alfianty (2023) Analisis Penilaian Jaminan dan Penerapan Regulasi dalam Mengatasi Pembiayaan Bemasalah pada KSPPS Hanada Quwais Sembada Kebasen. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ANIS ALFIANTY_ANALISIS PENILIAN JAMINAN DAN PENERAPAN REGULASI DALAM MENGATASI PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA KSPPS HANADA QUWAIS SEMBADA KEBASEN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembiayaan pada lembaga keuangan syariah tidak semua berjalan dengan lancar, banyak sekali terjadinya hambatan, seperti adanya pembiayaan bermasalah. Salah satu penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah saat ini bukan karena faktor eksternal saja, namun dapat juga terjadi karena faktor internal yang berupa analisis jaminan yang buruk, maupun penerapan SOP pembiayaan yang buruk. Pada KSPPS Hanada Quwais Sembada pembiayaan bermasalah atau rasio NPF dikatakan rendah dibawah 5%, karena penilaian jaminan yang tepat dan penanganan pembiayaan bermasalah yang baik membentuk regulasi yang ketat sehingga KSPPS Hanada Quwais Sembada Kebasen dapat dikatakan mampu menjadi acuan bagi KSPPS di daerah lain dalam mengatasi risiko pembiayaan bermasalah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penilaian jaminan dan penerapan regulasi dalam mengatasi pembiayaan bermasalah pada KSPPS Hanada Quwais Sembada Kebasen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Data yang didapatkan dari penelitian ini merupakan hasil wawancara mendalam penulis dengan Manajer, Tim Marketing, Admin dan Teller KSPPS Hanada Quwais Sembada Kebasen. Selain itu data pendukung lainnya berupa hasil observasi, brosur, profil perusahaan dan struktur organisasi. Kemudian teknik analisisa data menggunkan deskripsi mengenai subjek penelitian berdasarkan data dan variable yang diperoleh. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penilaian jaminan dan penerapan regulasi dalam mengatasi pembiayaan bermasalah pada KSPPS Hanada Quwais Sembada Kebasen. Penilaian jaminan berperan baik terhadap pembiayaan bermasalah KSPPS Hanada Quwais Sembada Kebasen, dimana KSPPS mengkhususkan penglompokan penilaian jaminan menjadi dua yaitu penilaian jaminan berdasarkan berdasarkan benda bergerak dan penilaian jaminan benda tidak bergerak. Sedangkan regulasi pada KSPPS Hanada telah diterapkan secara ketat sehingga membuat pembiayaan bermasalah KSPPS Hanada dikatakan baik. Hal ini menunjukkan bahwa penilaian jaminan dan penerapan regulasi yang baik dan ketat dapat membantu mengurangi risiko pembiayaan bermasalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Bermasalah, KSPPS, Penilaian Jaminan, Penerapan Regulasi
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.29 Aspek Muamalah lain (Taflis, Ihya ul mawaat, Ujroh (upah)Hajr, Luqatah, Kharaj, Jizyah)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Anis Alfianty sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:18
Last Modified: 27 Jul 2023 08:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21232

Actions (login required)

View Item View Item