EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTS N 1 PURBALINGGA

Baetul, 'Iza (2023) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTS N 1 PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Baetul 'Iza_1917407063.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sangatlah penting dalam pembelajaran matematika. kemampuan berpikir kreatif matematis siswa masih tergolong rendah dapat dilihat dari berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana implementasi model Problem Based learning berbasis Open-Ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, dan Untuk mengetahui efektivitas model Problem Based learning berbasis Open- Ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTs N 1 Purbalingga. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII G dan VIII H dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Convenience Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal uraian pretest dan posstes dengan analisis data menggunakan uji T. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa implementasi model problem based learning berbasis open- ended dilakukan dengan sangat baik, dengan skor pengamat 3,46. Dari hasil analisis data yaitu uji T dapat diketahu bahwa Model problem based learning berbasis open- ended efektiv untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, dapat dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,006 < 0,05 maka

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Model Problem Based Learning; Pendekatan Open-Ended.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Baetul 'Iza sdr
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:53
Last Modified: 27 Jul 2023 07:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21212

Actions (login required)

View Item View Item