EFEKTIVITAS PROGRAM PELATIHAN KETERAMPILAN PADA BAZNAS KABUPATEN KEBUMEN UNTUK MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN EKONOMI MUSTAHIK

Siti, Ngaqidatul Qomariyah (2023) EFEKTIVITAS PROGRAM PELATIHAN KETERAMPILAN PADA BAZNAS KABUPATEN KEBUMEN UNTUK MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN EKONOMI MUSTAHIK. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Siti Ngaqidatul Qomariyah_Efektivitas Program Pelathan Keterampilan Pada BAZNAS Kabupaten Kebumen Untuk Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Mustahik.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam Islam terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengentaskan seseorang dari garis kemiskinan, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan dana zakat. Pemanfaatan zakat tidak hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan konsumtif saja, namun perlu diberdayakan secara produktif, artinya dana zakat perlu dikembangkan agar dapat bermanfaat jangka panjang bagi para penerimanya untuk mewujudkan kemandirian ekonomi. Dalam menciptakan masyarakat yang mandiri, ada hal-hal yang bisa diberikan yaitu dengan membentuk etika usaha masyarakat, membekalinya keahlian yang kompetitif, melakukan pelatihan keterampilan untuk memperkaya sumber daya, memberi dukungan permodalan melalui program pemerintah, serta menggerakkan masyarakat supaya produktif agar mereka bisa mandiri secara finansial. Poin penting dalam pendayagunaan zakat secara produktif salah satunya adalah mengenai proses pengelolaan program pemberdayaan oleh lembaga yang dilakukan dengan sebaik-baiknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas program pelatihan keterampilan yang dilakukan oleh BAZNAS Kabupaten Kebumen untuk mewujudkan kemandirian ekonomi mustahik. Untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa program pelatihan keterampilan yang dilakukan oleh BAZNAS Kabupaten Kebumen untuk mewujudkan kemandirian mustahik dapat dikatakan sudah cukup efektif. Dengan adanya program ini, menjadikan mustahiknya dapat memberdayakan dirinya sendiri. Selanjutnya, untuk lebih mengefektifkan program pelatihan keterampilan dalam memandirikan mustahiknya, BAZNAS Kabupaten Kebumen diharapkan dapat meningkatkan kembali dalam hal pendampingan atau pemantauan kepada mustahik secara menyeluruh, utamanya bagi mustahik yang telah menerima pelatihan keterampilan. Keterbatasan jumlah amil yang ada di BAZNAS Kabupaten Kebumen maka disarankan dapat diatasi dengan dibuka relawan atau volunteer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pelatihan Keterampilan, Kemandirian Ekonomi Mustahik
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat > 2x4.144 Penerima Zakat (Mustahiq)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Siti Ngaqidatul Qomariyah sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:40
Last Modified: 27 Jul 2023 01:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21210

Actions (login required)

View Item View Item