KONSEP HILAH PADA FATWA DSN-MUI TENTANG AKAD MUSYARAKAH MUTANAQISAH PADA KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) SYARIAH

Titi, Oktafiana (2023) KONSEP HILAH PADA FATWA DSN-MUI TENTANG AKAD MUSYARAKAH MUTANAQISAH PADA KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) SYARIAH. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
TITI OKTAFIANA_KONSEP HILAH PADA FATWA DSN-MUI TENTANG AKAD MUSYARAKAH MUTANAQISAH PADA KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) SYARIAH .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji konsep h}i>lah pada fatwa akad musya>rakah mutana>qis}ah pada KPR Syariah. Konsep h{i>lah dipandang sebagai strategi rekayasa atau mensiasati hukum Islam. Peneliti mencapai kesimpulan bahwa h}i>lah merupakan cara hukum Islam menggapai keinginan masyarakat. Namun, dengan cara merekayasa hukum, maka penulis tertarik untuk meneliti permasalahan terkait konsep h}i>lah dan fatwa akad musya>rakah mutana>qis}ah ditinjau dari perspektif h}i>lah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dalam pengumpulan data diperoleh dari buku, jurnal, dokumen terkait pemikiran para ulama terhadap konsep h{i>lah dan pada fatwa DSN-MUI tentang akad musya>rakah mutana>qis{ah. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif, dan analisis data yang digunakan penulis yaitu kualitatif dan metode deduktif. Hasil penelitian ini yaitu h}i>lah dimaknai sebagai tipu muslihat atau manipulasi hukum Islam. H{i>lah dibagi dua kategori yaitu h}i>lah yang dibolehkan dan h{i>lah yang dilarang. Fatwa musya>rakah mutana>qis{ah ditinjau dari perspektif h{i>lah yang benar terindikasi adanya h{i>lah, sebab adanya kombinasi dari beberapa akad yaitu akad musya>rakah/syirkah, bai’ (jual beli) dan unsur ija>rah. Akad syirkah merupakan transformasi akad yang sudah tidak mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dalam transaksi. Karena transakssi kredit yang marak terjadi dan hal itu dilarang agama sehingga perlunya rekayasa akad sebagai jalan keluar dari permasalah yang terjadi sehingga dibuatnya akad musya>rakah mutana>qis{ah. H{i>lah dalam fatwa ini termasuk h{i>lah yang dibolehkan karena tujuannya untuk kemaslahatan dan mencegah dari praktik riba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: H{i>lah, Fatwa DSN-MUI, Musya>rakah Mutana>qis{ah, KPR Syariah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam (Ariyah, Riba, Sewa, Hiwalah, Rahn, Jialah, Asuransi, Dhoman)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.24 Persekutuan (Syirkah, Qirad, Mudhorobah, Murabahah, Musaqoh, Muzaroah)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.29 Aspek Muamalah lain (Taflis, Ihya ul mawaat, Ujroh (upah)Hajr, Luqatah, Kharaj, Jizyah)
2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Titi Oktafiana sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:42
Last Modified: 27 Jul 2023 01:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21208

Actions (login required)

View Item View Item