MANAJEMEN RUMAH MAKAN GRATIS PURWOKERTO (Analisis Keberlangsungan Usaha Perspektif Manajemen Syariah)

Jihadul, Mustafid (2023) MANAJEMEN RUMAH MAKAN GRATIS PURWOKERTO (Analisis Keberlangsungan Usaha Perspektif Manajemen Syariah). Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Jihadul Mustafid_Manajemen Rumah Makan Gratis Purwokerto (Analisis Keberlangsungan Usaha Perspektif Manajemen Syariah).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

RMG Purwokerto merupakan tempat makan yang berstandar restoran yang memiliki keunikan dengan mengusung konsep Gratis, standar tempat dan menu makanan yang baik memenuhi 4 sehat dan terjamin halalan thoyyiban. Salah satu bentuk kepedulian sosial yang dapat dilaksanakan yaitu memberikan makanan kepada orang lain terutama bagi mereka yang sangat membutuhkan. Menjalankan konsep manajemen yang dikelola secara sukararela oleh para realawan dengan tetap menjaga kwalitas layanan dan berpegang pada ketentuan syariat islam. Sisi lain dari Rumah Makan Gratis Purwokerto yaitu selain menyajikan makanan gratis, juga menyelenggarakan beberapa kegiatan dakwah dan sosial lainnya, seperti ngaji al qur’an, dakwah gerakan sedekah melalui donasi dan diatara kegiatan social yang dilaksanakan yaitu ; donor darah, cukur gratis dan kegiatan sosial lainnya. Penelitian ini merupakan studi lapangan atau field research, yang tujuannya untuk mengetahui pengelolaan Rumah Makan Gratis Purwokerto, dengan focus penelitian pada analisis keberlangsungan usahan dalam perspektif manajemen syariah. Data penelitian ini adalah data kualitatif yang diperoleh dari para informan. Diantartanya dengan cara Observasi tempat dan lokasi RMG Purwokerto. Sedangkan wawancara dengan pemilik, pengelola dan para relawan serta pengunjung rumah makan gratis purwokerto dan dokumentasi gambar atau foto kegiatan yang dilaksanakannya. Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan manajemen yang diterapkan di Rumah Makan Gratis Purwokerto yaitu dengan menerapkan fungsi manajemen dengan baik mulai dari: pertama, perencanaan yaitu meliputi : penetapan tujuan berdirinya RMG Purwokerto, kegiatan, penjadwalan, serta penganggaran. Kedua, pengorganisasian yang meliputi : pembagian kerja dan koordinasi baik antar relawan maupun antar usaha terkait. Ketiga, pelaksanaan yang diataranya : pemberian motivasi, pemberian bimbingan, dan menjalin hubungan. Keempat, pengawasan yang terdiri dari : memantau, mengamati, dan mengevaluasi kegiatan. Dalam perpektif manajemen syariah, RMG Purwokerto telah menjalankan diantara beberapa prinsip landasan manajemen syariah dengan baik dengan mempraktikkan nilai-nilai islami dalam setiap kegitannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: RMG, Keberlangsungan Usaha, Manajemen Syariah
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Pascasarjana > Ekonomi Syariah
Depositing User: Jihadul Mustafid sdr
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:59
Last Modified: 27 Jul 2023 01:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21207

Actions (login required)

View Item View Item