NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA FILM KKN DI DESA PENARI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS REMAJA

Faizatur, Rokhmaniah (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA FILM KKN DI DESA PENARI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS REMAJA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Faizatur Rokhmaniah_1917402106_skripsifix-1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh krisis moral remaja yang menyebabkan menurunnya penanaman nilai-nilai pendidikan Islam. Dalam penanganannya, peran dari seluruh masyarakat sangat penting. Salah satunya peran dari dunia industri perfilman. Salah satu film yang dapat dijadikan sebagai media pendidikan adalah film KKN di Desa Penari yang merupakan film yang menceritakan enam mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam film KKN di Desa Penari. Setelah dianalisis kemudian direlevansikan dengan penguatan karakter religius remaja. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan atau library research dengan pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi, dan metode analisis datanya menggunakan metode analisis isi (analysis content). Berdasarkan data, hasil penelitian yang didapat yaitu: (1) nilai aqidah yang terdiri dari iman kepada Allah dan iman kepada kitab-kitab Allah. (2)nilai ibadah yang terdiri dari ibadah mahdhah dan ibadah ghairu mahdhah (3) nilai akhlak yang terdiri dari akhlak hubungan manusia dengan Allah, akhlak hubungan manusia dengan sesama dan akhlak hubungan manusia dengan alam. Kemudian untuk relevansinya terhadap penguatan karakter religius yaitu Sebagai media pembelajaran yang memuat ajaran kebaikan dan Sebagai media pembelajaran yang memuat ajaran untuk tidak melakukan sesuatu yang tidak baik atau yang dilarang untuk dilakukan oleh agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai, Pendidikan Islam, Film, Karakter Religius
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan > 2x6.79 Seni Drama, Sinetron, Film
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Faizatur Rokhmaniah sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:11
Last Modified: 27 Jul 2023 02:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21201

Actions (login required)

View Item View Item