Larangan Perkawinan Weton Gotong Kliwon Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Desa Jeruklegi Kulon, Kec. Jeruklegi, Kab. Cilacap)

Cindi, Anita (2023) Larangan Perkawinan Weton Gotong Kliwon Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Desa Jeruklegi Kulon, Kec. Jeruklegi, Kab. Cilacap). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Cindi Anita@1917302020 Skripsi.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Larangan perkawinan adat dalam masyarakat Jawa yang masih kental kepercayaannya terhadap adat/tradisi budaya jawa seperti halnya larangan perkawinan weton gotong kliwon merupakan suatu fenomena perkawinan yang bertentangan dengan hukum Islam. Dampak dari melanggar larangan perkawinan tersebut dikait-kaitkan dengan berbagai musibah/malapetaka yang terjadi dikehidupan pasangan pasca menikah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana alasan masyarakat masih mempercayai larangan perkawinan weton gotong kliwon serta bagaimana perspektif hukum Islam terhadap larangan perkawinan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), sedangkan pendekatannya menggunakan metodologi hukum Islam ‘Urf yaitu berdasarkan kaidah-kaidah asasi fiqhiyah. Sumber data primer berasal dari wawancara sekelompok masyarakat Desa Jeruklegi Kulon, yaitu sesepuh desa, kyai desa, tokoh intelektual dan sampel dari permasalahan tersebut. Sumber data sekunder berasal dari buku-buku, jurnal-jurnal dan skripsi mengenai larangan perkawinan weton gotong kliwon. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik sampling. Teknik analisis data dengan cara berfikir deduktif dan dianalisis berdasarkan perspektif hukum Islam. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menyatakan bahwa Larangan Perkawinan Weton Gotong Kliwon di Desa Jeruklegi Kulon, Kec. Jeruklegi, Kab. Cilacap memiliki latar belakang kepercayaan masyarakat adat setempat bahwa perkawinan tersebut apabila dilanggar akan mendapatkan dampak yang kurang baik bahkan sampai fatal. Larangan Perkawinan Weton Gotong Kliwon sangat bertentangan dengan ajaran hukum Islam, sehingga disarankan kepada para tokoh agama di masyarakat untuk memberikan bimbingan dan penyuluhan Hukum Islam terkait masalah perkawinan berdasarkan adat khususnya seperti larangan perkawinan Weton Gotong Kliwon. Dengan tujuan untuk mengurangi tingkat kepercayaan terhadap larangan perkawinan adat tersebut, sehingga diperlukan adanya peningkatan pola pikir manusia dengan cara meningkatkan pengetahuan terhadap ilmu-ilmu syariat Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perkawinan, Weton Gotong Kliwon, Perspektif Hukum Islam
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.9 Adat Istiadat
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Cindi Anita sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:48
Last Modified: 27 Jul 2023 08:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21195

Actions (login required)

View Item View Item