MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI MINAT DAN BAKAT DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI I BANYUMAS

NANIEK, ELISTIANA NUGRAHAENY (2023) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI MINAT DAN BAKAT DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI I BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Naniek Elistiana Nugrahaeny_MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI MINAT DAN BAKAT DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI I BANYUMAS.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pencarian minat dan bakat pada peserta didik perlu dilakukan dengan tujuan supaya peserta didik yang mempunyai bakat berbeda dengan lainnya dapat dikembangkan dan dilatih sehingga nantinya akan mendapatkan prestasi yang sesuai dengan bakat yang dimilikinya. Pembinaan minat dan bakat merupakan bagian dari kegiatan pembinaan kesiswaan. Dalam manajemen kesiswaan, wakil kesiswaan bersama kepala Madrasah merencanakan program kesiswaan diantaranya penerimaan peserta didik baru, penentuan daya tampung siswa untuk kelas unggulan dan proses seleksi peserta didik baru. Perencanaan manajemen karakter disiplin peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler meliputi perumusan tujuan, pembentukan pembimbing dan pengurus, pembagian tugas pokok dan fungsi, penyusunan program kerja, mekanisme monitoring dan evaluasi dengan unsur-unsur yang terlibat. Dalam pembinaan karakter disiplin peserta didik, kesiswaan juga membuat program melalui pembiasaan yang wajib dilakukan peserta didik pada saat sebelum kegiatan pembelajaran. Program pembiasaan yang diberikan melalui pembinaan kesiswaan berupa materi tentang akhlakul karimah dan penekanan nilai-nilai spiritual. Evaluasi dilaksanakan satu bulan sekali dengan cara musyawarah. Dalam kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan karakter disiplin peserta didik dapat dilihat melalui capaian prestasi peserta didik, tingkat pelanggaran peserta didik berkurang dan meningkatnya kedisiplinan. Kesiswaan bersama guru Bimbingan dan Konseling juga kepala Madrasah membuat tata tertib madrasah yang disaksikan oleh perwakilan siswa dalam hal ini adalah OSIS. Program-program tersebut direncanakan bersama stakeholder di MTs Negeri 1 Banyumas untuk mewujudkan madrasah yang Islami, Cerdas dan Mandiri. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 1 Banyumas menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah Kepala Madrasah, Wakil Kesiswaan, Guru Bimbingan dan Konseling, Waka Humas, dan Waka Kurikulum. Melalui pendekatan kualitatif ini peneliti melakukan penelitian di lapangan langsung untuk mendapatkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari lokasi penelitian secara langsung. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan perpanjangan waktu dan triangulasi. Hasil penelitian yaitu dalam penelusuran minat dan bakat calon peserta didik baru dimulai melalui perekrutan peserta didik baru dilakukan melalui dua jalur yaitu jalur Full Day School/FDS dan jalur regular. Kelas FDS ada dua kelas yaitu kelas Tahfidz dan kelas Sains. Siswa baru yang memilih kelas tahfidz akan mengikuti seleksi baca, tulis Al Qur’an sedangkan kelas sains siswa diseleksi dengan cara mengerjakan soal-soal pengetahuan. Hasil penelitian selanjutnya yaitu melalui manajemen pendidikan karakter disiplin khususnya dalam kegiatan ekstrakurikuler dan dalam pembinaan minat dan bakat peserta didik pada saat persiapan mengikuti perlombaan yang dilakukan oleh kesiswaan sudah menunjukkan peningkatan hasil prestasi khususnya yang diperoleh siswa MTs Negeri 1 Banyumas mulai dari tahun 2021 mendapat 317 prestasi kemudian pada tahun 2022 siswa MTs Negeri berhasil mendapatkan 1143 prestasi. Siswa juga sudah terbiasa melakukan rutinitas sebelum pembelajaran dengan penuh kesadaran misalnya melakukan Sholat Dhuha, Membaca Asmaul Husna, Tadarus Al Qur’an dan Sholat Dhuhur berjamaah. Sarana prasarana yang masih kurang memadai tidak menjadikan peserta didik untuk tidak dapat berprestasi dalam bidang akademik ataupun non akademik, hal ini dikarenakan siswa MTs Negeri 1 Banyumas sudah mempunyai kesadaran akan tanggungjawab pada dirinya sendiri sehingga tidak tergantung dengan orang lain sesuai dengan misi madrasah yang ketiga yaitu Mandiri. Dalam melakukan pembinaan siswa untuk dapat berprestasi madrasah mendatangkan pelatih dari luar yang professional dibidangnya, dengan lembaga pendidikan di luar madrasah. Madrasah juga terus menjalin komunikasi dengan orang tua siswa untuk mendapat dukungan dalam melaksanakan kegiatan di madrasah. Dalam mewujudkan madrasah yang Islami, Cerdas dan Mandiri kepala madrasah senantiasa melakukan inovasi-inovasi yang baru setiap tahunnya dalam pembelajaran dan pembinaan prestasi siswa agar mendapatkan hasil yang unggul dan berwawasan yang luas. Kepala madrasah menjalin hubungan dan komunikasi yang baik dengan stakeholder baik dalam ataupun luar MTs Negeri 1 Banyumas. Kata kunci: Minat Bakat, Prestasi Siswa, Manajemen Pendidikan Karakter Disiplin

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Minat Bakat, Prestasi Siswa, Manajemen Pendidikan Karakter Disiplin
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Naniek Elistiana Nugrahaeny sdri
Date Deposited: 29 Jul 2023 04:04
Last Modified: 29 Jul 2023 04:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21191

Actions (login required)

View Item View Item