PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP AKHLAK SISWA KELAS XI DI SMK MA'ARIF 6 AYAH KECAMATAN AYAH KABUPATEN KEBUMEN

Fikri, Khoerul Insani (2023) PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP AKHLAK SISWA KELAS XI DI SMK MA'ARIF 6 AYAH KECAMATAN AYAH KABUPATEN KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Fikri Khoerul Insani_Pengaruh Game Online Terhadap Akhlak Siswa di SMK Ma'arif 6 Ayah Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Fenomena penggunaan game online pada masyarakat khususnya remaja menyebabkan timbulnya beberapa dampak positif maupun dampak negatif. Sudah banyak berita yang menyiarkan tentang beberapa dampak yang ditimbulkan oleh game online. Salah satu dampak yang disebabkan oleh game online terkait dengan perihal akhlak manusia. Kasus seperti ini perlu adanya pedoman atau pengetahuan bagi guru, orang tua, dan siswa untuk meminimalisasi dampak negatif yang disebabkan oleh game online. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh game online terhadap akhlak siswa kelas XI di SMK Ma’arif 6 Ayah Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif deskriptif dan inferensial. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan kuosioner dan observasi non-partisipan dengan variabel penelitian variabel game online (X) sebagai variabel independen dan variabel akhlak siswa (Y) sebagai variabel dependen. Instrumen penelitian menggunakan angket dan skala likert serta teknik analisis data berupa uji deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear sederhana. Setelah pengujian yang dilakukan terhadap data yang diperoleh dari 161 responden hasil temuan penelitian ini adalah terdapat pengaruh game online terhadap akhlak siswa kelas XI di SMK Ma’arif 6 Ayah Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen berdasarkan hasil uji analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa nilai signifikasi sebesar 0,000% lebih kecil dari taraf signifikasi 0,05% . kemudian nilai koefisien determinasi atau R2 adalah 0,278. Hal ini berarti pengaruh yang diberikan oleh variabel game online dalam mempengaruhi akhlak siswa sebesar 27,8 % dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Game Online, Akhlak, Siswa
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fikri Khoerul Insani sdr
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:42
Last Modified: 27 Jul 2023 06:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21190

Actions (login required)

View Item View Item