ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR DI BIMBEL AHE MANDIRANCAN UNIT 414 DESA MANDIRANCAN

Fifi, Apriliani (2023) ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR DI BIMBEL AHE MANDIRANCAN UNIT 414 DESA MANDIRANCAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
FIFI APRILIANI_ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS RENDAH DI BIMBEL AHE MANDIRANCAN UNIT 414 DESA MANDIRANCAN_1917405101_PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa sekolah dasar. Pentingnya siswa kelas rendah harus menguasai keterampilan membaca yaitu (1) kenyataan buku kelas I, buku langsung tematik yang memuat banyak tulisan/kalimat, (2) supaya percaya diri, (3) supaya dapat masuk ke SD/MI yang diinginkan, (4) supaya dengan mudah mengikuti pelajaran, (5) sudah tidak ada pelajaran membaca di SD/MI. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis kesulitan membaca yang dialami oleh siswa kelas rendah tingkat sekolah dasar di Bimbel AHE Mandirancan Unit 414. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif menggunakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan ditempat terjadinya permasalahan, data yang diperoleh baik secara langsung maupun tidak langsung. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes baca, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrument EGRA (Early Grade Reading Assesment) yang meliputi 5 aspek yaitu membaca huruf, membaca kata bermakna, membaca kata yang tidak memiliki arti, kelancaran membaca nyaring, dan menyimak (pemahaman mendengar). Hasil dari penelitian ini adalah aspek kesulitan membaca terendah adalah aspek 4 yaitu membaca nyaring sebanyak 20,6% kemudian aspek terendah kedua yaitu aspek 3 membaca kata yang tidak memiliki arti 26,4%. Urutan aspek terendah selanjutnya yaitu aspek 2 membaca kata bermakna 33,2%, aspek 1 mengenal huruf 49% dan aspek 5 menyimak (pemahaman mendengar) 50%. Kata Kunci : Kesulitan Membaca, Kelas Rendah, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Membaca, Kelas Rendah, Sekolah Dasar
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fifi Apriliani sdri
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:29
Last Modified: 28 Jul 2023 02:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21180

Actions (login required)

View Item View Item