MANAJEMEN PROGRAM PENERIMAAN SANTRI BARU (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN MODERN AZ-ZAHRA AL-GONTORY GUNUNG TUGEL BANYUMAS)

muhammad, abdulqodir ihsani (2023) MANAJEMEN PROGRAM PENERIMAAN SANTRI BARU (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN MODERN AZ-ZAHRA AL-GONTORY GUNUNG TUGEL BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_m.abdulqodir_ihsani_1817401071 (1).pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Masalah yang dikaji dalam penelitiam ini adalah pelaksanaan fungsi Manajemen pada program penerimaan santri baru yang dilakukan oleh Pondok Modern Az- Zahra Al Gontry Gunung Tugel. Penerimaan santri baru merupakan proses awal dalam proses pendidikan yang menentukan kualitas santri yang diajar di suatu lembaga pendidikan pesantren. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaplikasian fungsi manajemen serta peluang dan hambatan dalam penerimaan santri dalam program penerimaan santri/siswa baru di Pondok Modern Az-Zahra Al-Gontory. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metodologi studi kasus. Lokasi penelitian ini berada di Podok Modern As Zahra Al Gontry Gunung Tugel Kabupaten Banyumas. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi data digunakan sebagai teknik pengujian keabsahan data. Hasil setelah penelitian ini menunjukkan keberhasilan pelaksanaan fungsi manajemen pada program penerimaan santri baru Pondok Modern AZ - Zahra Al- Gontry. Hal ini tercermin dalam proses pelaksanaan fungsi manajemen yaitu perencanaan penerimaan santri baru, pengorganisasian penerimaan santri baru, pelaksanaan program penerimaan santri baru, dan pengawasan program penerimaan santri baru, ini kemudian tercermin pada peningkatan jumlah pendaftar. Hambatan-hambatan yang dihadapinya seperti manajemen pelamar yang belum sempurna, masalah komunikasi dan teknis, dapat teratasi dengan baik atas kerjasama panitia dan pengurus pesantren, dan akan menjadi bahan evaluasi untuk tahun berikutnya supaya tidak akan pernah terulang lagi. Sebagai inisiatif untuk menjaring siswa yang diinginkan, panitia telah memutuskan untuk menerima siswa setelah beberapa proses seleksi dan memperluas fasilitas pendukung agar siswa dapat belajar dengan nyaman di pondok pesantren. Kata Kunci : Manajemen, santri, penerimaan santri baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Manajemen, santri, penerimaan santri baru.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhammad abdulqodir ihsani sdr
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:27
Last Modified: 28 Jul 2023 02:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21178

Actions (login required)

View Item View Item