ROTIBUL HADDAD UNTUK PEMBINAAN AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN ANWAARUL HIDAYAH KARANGNANGKA BANYUMAS

Desi, Purwanti (2023) ROTIBUL HADDAD UNTUK PEMBINAAN AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN ANWAARUL HIDAYAH KARANGNANGKA BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DESI PURWANTI_ROTIBUL HADDAD UNTUK PEMBINAAN AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN ANWAARUL HIDAYAH KARANGNANGKA BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembinaan akhlak ini sangat penting untuk mencegah munculnya krisis akhlak atau moral dalam kehidupan manusia diera sekarang. Akhlak ini merupakan dasar yang paling penting dalam diri manusia untuk menciptakan ihsan yang mulia. Pembinaan akhlak ini bisa dilakukan dengan berbagai macam cara salah satunya dengan kegiatan keagamaan seperti berdzikir. Pondok Pesantren Anwaarul Hidayah adalah salah satu pondok pesantren yang menerapkan dzikir rotibul haddad untuk pembinaan akhlak santrinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana rotibul hadddad untuk pembinaan akhlak santri di Pondok Pesantren Anwaarul Hidayah Karangnangka Banyumas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian etnografi. Sumber data dalam penelitian adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah Pengasuh Pondok Pesantren Anwaarul Hidayah Karangnangka Banyumas dan santrinya. Hasil penelitian ini adalah kegiatan dzikir rotibul haddad berdampak untuk membina akhlak santrinya. Dampak adanya kegiatan dzikir rotibul haddad yaitu santri merasa tenang, mampu menahan amarah, dan ramah karena kegiatan dzikir rotibul haddad ini dilakukan secara berjamaah dengan warga sekitar, wali santri dan santri Pesantren Anwaarul Hidayah sehingga melatih diri untuk hidup bersosial dengan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rotibul Haddad, Pembinaan Akhlak, Santri
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.9 Adat Istiadat > 2x6.94 Adat Istiadat setempat
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Desi purwanti sdri
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:56
Last Modified: 28 Jul 2023 01:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21169

Actions (login required)

View Item View Item