PEMENUHAN NAFKAH BATIN PADA KELUARGA TENAGA KERJA WANITA PERSPEKTIF GENDER (Studi Kasus Di Desa Nusajati Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap)

Yuly, Prastyo (2023) PEMENUHAN NAFKAH BATIN PADA KELUARGA TENAGA KERJA WANITA PERSPEKTIF GENDER (Studi Kasus Di Desa Nusajati Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
YULY PRASTYO_PEMENUHAN NAFKAH BATIN PADA KELUARGA TENAGA KERJA WANITA PERSPEKTIF GENDER (STUDIKASUS DI DESA NUSAJATI KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN CILACAP).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya seorang istri yang bekerja mencari nafkah sebagai TKW di luar negeri di Desa Nusajati Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap, akibat dari rendahnya ekonomi keluarga. Dengan istri bekerja sebagai TKW, dari aspek ekonomi memang terangkat taraf hidup bagi keluarganya, dan bisa memperbaiki masa depan anaknya. Namun dampak negatifnya juga banyak, istri yang meninggalkan anak dan suaminya untuk bekerja sebagai TKW. Seperti bertukarnya peran suami istri, dan tidak bisa berkumpul dengan keluarga, yang biasanya mengakibatkan keluarga tidak harmonis. Menurut hukum Islam suami wajib memberi nafkah untuk istri dan anaknya. Oleh karena itu penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana cara meyakinkan suami/isterinya ketika tinggal berjauhan. Untuk mengetahui bagaimana pemenuhan nafkah batin pada keluarga yang di tinggal menjadi TKI di Desa Nusajati Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach). Sumber data diperoleh dari wawancara bersama beberapa warga Desa Nusajati Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap yang pernah bekerja menjadi TKW, anak dan suami dari TKW. Selanjutnya dilaksanakan pengumpulan data melalui wawancara, dan dokumentasi. Setelah itu, data yang diperoleh dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahawa menjaga keluarga supaya tetap harmonis adalah dengan cara selalu menjaga komuniksi anatara suami dan istri, saling percaya yang besar diantara keduanya, dan saling support supaya bisa menumbuhkan rasa yang nyaman dan percaya sehingga memungkinkan keluarga tersebut bisa terus harmonis. pemenuhan nafkah batin pada keluarga TKW sangat beragam sesuai dengan kemauan dan keinginan dari istri maupun suami. Ada beberapa cara yang TKW lakukan diantaranya dengan melakukan Vidio Call, telepon dan surat-menyurat. Dalam sudut pandang gender bertukar peran anatara laki-laki dan perempuan itu suatu hal yang lumrah karena masing-masing dari mereka mempunyai keinginan dan harapan yang ingin diwujudkannya, yang terpenting dari mereka sama-sama bisa menerima dan bisa saling support untuk kedepannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nafkah Batin, Istri, TKW
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it
2x2 Hadits dan Ilmu Yang Berkaitan > 2x2.1 Ilmu Hadits (Termasuk Mustalah Hadits)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.29 Aspek Muamalah lain (Taflis, Ihya ul mawaat, Ujroh (upah)Hajr, Luqatah, Kharaj, Jizyah)
2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Yuly Prastyo sdr
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:15
Last Modified: 27 Jul 2023 08:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21168

Actions (login required)

View Item View Item