ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MA AL IKHSAN BEJI KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

Karimatussangadah, Karimatussangadah (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MA AL IKHSAN BEJI KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Karimatussangadah_Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Kecerdasan Emosional Siswa MA Al Ikhsan Beji Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X IPA MA Al Ikhsan Beji berdasarkan kecerdasan emosional. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA MA Al Ikhsan Beji tahun ajaran 2022/2023. Subjek dipilih dengan menggunakan cara purposive sampling. Penelitian ini mengambil 2 subjek penelitian dari masing-masing kategori kecerdasan emosional tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data menggunakan angket kecerdasan emosional, tes tertulis kemampuan pemecahan masalah, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1. Siswa dengan kecerdasan emosional tinggi dapat memenuhi 4 indikator kemampuan pemecahan masalah yaitu memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan perencanaan, memeriksa hasil. ; 2. Siswa dengan kecerdasan emosional sedang dapat memenuhi 4 indikator kemampuan pemecahan masalah. Namun terdapat kesalahan dalam menghitung hasil akhir. ; 3. Siswa dengan kecerdasan emosional rendah hanya memenuhi 1 indikator kemampuan pemecahan masalah yaitu memberikan penjelasan sederhana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kecerdasan Emosional, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: 800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Karimatuss Karimatussangadah sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:16
Last Modified: 27 Jul 2023 08:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21166

Actions (login required)

View Item View Item