IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 2 BANTARWUNI KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Andini Sinta, Setiawati (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 2 BANTARWUNI KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ANDINI SINTA SETIAWATI_IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 2 BANTARWUNI KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2022 2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan utama yang peneliti temukan pada observasi pendahuluan di SD Negeri 2 Bantarwuni yaitu perkembangan belajar peserta didik di beberapa kelas yang masih rendah, terutama pada kelas V. Hal tersebut dapat terlihat dari hasil belajar beberapa pertemuan, di mana sebanyak 14 dari 21 peserta didik masih memiliki nilai di bawah standar minimal. Ada beberapa hal yang menjadi alasan dari permasalahan ini seperti pembelajaran yang kurang efektif akibat dari ketidakseriusan peserta didik selama belajar, kondisi peserta didik yang terlihat jenuh, dan pendidik yang belum melakukan variasi belajar di dalam kegiatan mengajarnya. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 2 Bantarwuni, dengan memanfaatkan observasi, wawancara, serta dokumentasi dalam proses pengumpulan datanya. Selain itu, penelitian ini juga menerapkan teknik analisis data dengan beberapa tahapan seperti tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat diterapkan dengan baik. Model pembelajaran tersebut dilaksanakan selama 2x pertemuan. Sebelum pembelajaran berlangsung, pendidik terlebih dahulu menyusun RPP di tahap perencanaan. Kemudian penddik menerapkan RPP tersebut dalam pembelajaran menggunakan tahapan di TGT, seperti tahap penyajian kelas, tahap belajar kelompok, tahap permainan, tahap pertandingan, dan tahap penghargaan kelompok. Setelah pembelajaran selesai, maka pendidik akan melakukan evaluasi dari seluruh proses yang telah dilewati di suatu pembelajaran. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui hasil, dampak, kendala, dan upaya yang harus pendidik lakukan di pembelajaran berikutnya. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournament, IPA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournament, IPA
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Andini Sinta Setiawati sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:58
Last Modified: 27 Jul 2023 07:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21164

Actions (login required)

View Item View Item