EFEKTIVITAS MEDIA MONAJA (MONOPOLI AKSARA JAWA) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS IV MI MA'ARIF NU BANJARANYAR

Trisna, Nurfadilah (2023) EFEKTIVITAS MEDIA MONAJA (MONOPOLI AKSARA JAWA) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS IV MI MA'ARIF NU BANJARANYAR. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
TRISNA NURFADILAH_EFEKTIVITAS MEDIA MONAJA (MONOPOLI AKSARA JAWA) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS IV MI MA'ARIF NU BANJARANYAR.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kreativitas pembelajaran yang berpusat pada siswa serta rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Jawa materi aksara Jawa. Penggunaan media dengan mengikutsertakan siswa dalam pembelajaran menjadikan salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan penggunaan media monaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media monaja (Monopoli Aksara Jawa) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Jawa kelas IV MI Ma’arif NU Banjaranyar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen desain Quasi Experimental Design yang diterapkan pada Nonequivalent Control Group Design. Desain ini memiliki dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 29 siswa dengan sistem sift 50%. Sift I adalah kelas kontrol dan sift II adalah kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan uji independent sample t-test diperoleh t_{hitung} = 3,499 dan t_{tabel} = 2,05 sehingga t_{hitung} > t_{tabel}. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan H_0 ditolak dan H_a diterima, artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya peneliti menguji tingkat efektifitas menggunakan uji n-gain. Hasil perhitungan n-gain diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 0,3 termasuk peningkatan kategori sedang dan rata-rata kelas eksperimen sebesar 0,7 termasuk peningkatan kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas media monaja terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Ma’arif NU Banjaranyar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Monaja, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Bahasa Jawa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Trisna Nurfadilah
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:56
Last Modified: 27 Jul 2023 08:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21150

Actions (login required)

View Item View Item