PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI MIN 1 BANJARNEGARA

Zahrotun, Nisa (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI MIN 1 BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ZAHROTUN NISA_PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI MIN 1 BANJARNEGARA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian mengenai penerapan model problem based learning dilatabelakangi karena model PBL memberikan perubahan dalam proses pembelajaran. Ketika pembelajaran dilakukan menggunakan ceramah, peserta didik merasa bosan dan tidak bersemangat mengikuti pembelajaran hal ini membuat peserta didik sulit untuk memahami materi yang diajarkan. Maka dari itu, guru kelas V B di MIN 1 Banjarnegara mulai menerapkan model PBL pada pembelajaran IPS diharapkan peserta didik tidak bosan dan bersemangat serta aktif dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan gambaran mengenai penerapan model PBL di MIN 1 Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Lokasi penelitian bertempatan di MIN 1 Banjarnegara dengan subjek penelitian kepala madrasah, guru kelas V B, dan peserta didik kelas V B. Setelah melakukan penelitian, didapatkan hasil bahwa dalam menggunakan model PBL langkah-langkah yang dilakukan guru secara keseluruhan dalam penerapan model PBL ini telah sesuai dengan langkah-langkah model PBL, guru juga berhasil membuat suasana kelas menjadi lebih hidup dan menyenangkan. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya nilai peserta didik, dapat meningkatkan antusiasme dan semangat peserta didik dalam mengikuti pelajaran, serta dapat menciptakan keaktifan dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Adapun hambatan dalam menerapkan model pembelajaran PBL ini yaitu keterbatasan waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Pembelajaran IPS, Kelas V
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zahrotun Nisa sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:11
Last Modified: 27 Jul 2023 08:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21148

Actions (login required)

View Item View Item