ANALISIS LITERASI MATEMATIKA PADA PENYELESAIAN SOAL CERITA SISWA KELAS V MI MA'ARIF NU 1 CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

Ummu, Lutfiatur Rohmah (2023) ANALISIS LITERASI MATEMATIKA PADA PENYELESAIAN SOAL CERITA SISWA KELAS V MI MA'ARIF NU 1 CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
UMMU LUTFIATUR ROHMAH_ANALISIS LITERASI MATEMATIKA PADA PENYELESAIAN SOAL CERITA SISWA KELAS V MI MA'ARIF NU 1 CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Literasi matematika adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan dan memahami matematika secara efektif baik dalam kehidupan sehari-hari maupun masalah matematika yang lebih besar. Kemampuan literasi matematika pada siswa dapat ditingkatkan melalui kebiasaan siswa dalam mengerjakan soal yang berkaitan dengan literasi matematika, misalnya pada soal cerita. Pada observasi awal peneliti melalui wawancara dengan wali kelas dan tes awal siswa kelas V C MI Ma’arif NU 1 Cilongok diperoleh informasi bahwa siswa kelas V C ini memiliki kemampuan literasi matematika yang berbeda-beda. Tujuan adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi siswa pada penyelesaian soal cerita. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang mana peneliti melakukan tes dan wawancara terkait literasi matematika kepada subjek yang sudah ditentukan. Adapun hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa siswa MI Ma’arif NU 1 Cilongok kelas V C dalam menyelesaikan soal cerita materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan siswa dengan kategori tinggi memiliki kemampuan literasi yang sangat baik. Siswa dengan kategori sedang memiliki kemampuan literasi matematika baik. Siswa dengan kategori rendah memiliki kemampuan literasi matematika yang kurang baikbelum sepenuhnya menguasai empat aspek literasi matematika dan belum mampu menyelesaikan semua soal dengan benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: literasi matematika, soal cerita
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ummu Lutfiatur Rohmah sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:14
Last Modified: 27 Jul 2023 07:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21142

Actions (login required)

View Item View Item