PEMBERITAAN PDI-P MENJELANG PEMILU DI MEDIA ONLINE (ANALISIS FRAMING ZHONGDANG PAN DAN GERALD M.KOSICKI TERHADAP KOMPAS.COM DAN MEDIAINDONESIA.COM)

ZALFA, HAROSTA (2023) PEMBERITAAN PDI-P MENJELANG PEMILU DI MEDIA ONLINE (ANALISIS FRAMING ZHONGDANG PAN DAN GERALD M.KOSICKI TERHADAP KOMPAS.COM DAN MEDIAINDONESIA.COM). Skripsi thesis, UIN Prof K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ZALFA HAROSTA_PEMBERITAAN PDI-P MENJELANG PEMILU DI MEDIA ONLINE (Analisis Framing Zhongdang Pan dan Gerald M.Kosicki terhadap Kompas.com dan Mediaindonesia.com).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Lahirnya media online sebagai media baru sangat mempermudah aktivitas manusia, salah satunya dalam mendapatkan informasi. Kecepatan media online dalam membuat berita menjadikan informasi sangat mudah dan cepat sampai kepada masyarakat. Tak terkecuali pemberitaan tentang pemilu yang sudah memasuki tahapan-tahapannya. PDI-P sebagai pemenang pemilu sebelumnya, tidak luput dari pemberitaan berbasis media online. Namun, perbedaan ideologi serta kepemilikan media membuat framing berita yang berbeda pada pemberitaannya. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran secara komprehensif pada framing pemberitaannya. Penulis menggunakan analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki dalam penelitiannya. Melalui empat unsur di dalamnya yaitu sintaksis, skrip, tematik dan retoris. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruksionis dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber utama penelitian ini yaitu teks pemberitaan PDI-P menjelang pemilu pada 04 April – 07 April 2023. Peneliti mengunduh pemberitaan PDI-P menjelang pemilu di website kompas.com dan mediaindonesia.com guna mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kedua media tersebut memiliki perbedaan dalam jumlah narasumber, kemudian kedua media tersebut memiliki pembahasan yang sama dengan variasi judul yang berbeda serta secara retoris dan tematik kedua media tersebut menggunakan bahasa yang bernilai pro dan kontra.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Framing, Media Online, PDI-P
Subjects: 000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.2 Politik
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Zalfa Harosta sdr
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:10
Last Modified: 27 Jul 2023 07:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21141

Actions (login required)

View Item View Item