PERILAKU PROSOSIAL DAN KOMITMEN PEWARISAN PEMBELAJARAN ISLAM PADA GURU TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR`AN - MADRASAH DINIYAH MASJID AL-HIKMAH DESA CIOMAS KABUPATEN BREBES

Afifa, Rachmawati (2023) PERILAKU PROSOSIAL DAN KOMITMEN PEWARISAN PEMBELAJARAN ISLAM PADA GURU TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR`AN - MADRASAH DINIYAH MASJID AL-HIKMAH DESA CIOMAS KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Afifa Rachmawati_Perilaku Prososial Dan Komitmen Pewarisan Pembelajaran Islam Pada Guru Taman Pendidikan Al-Quran - Madrasah Diniyah Masjid Al-Hikmah Desa Ciomas Kabupaten Brebes_compressed (1)-compressed.pdf

Download (704kB) | Preview

Abstract

Perilaku prososial terbagi menjadi 3 aspek yaitu, menolong, bekerja sama serta berbagi. Perilaku prososial memiliki unsur nilai moral yang mendorong seseorang menunjukkan perilaku berdasarkan norma sosial yang membawa dampak kebaikan baik bagi hidup orang lain maupun kehidupan bersama dalam lingkungan sosial. Komitmen pewarisan yang dimiliki oleh keluarga bukan hanya pada hal-hal yang bersifat material akan tetapi ada juga yang bersifat non material, termasuk peninggalan tugas dan pekerjaan, kemudian mengelola Lembaga Pendidikan. Komitmen pewarisan diwujudkan dalam hal kewajiban meneruskan Lembaga Taman Pendidikan Al-Qur`an – Madrasah Diniyah dengan atau tanpa fasilitas. Baginya meneruskan Lembaga tersebut sudah menjadi bagian dari kewajiban. Sehingga tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bentuk perilaku prososial serta komitmen pewarisan terhadap Guru Taman Pendidikan Al-Qur`an – Madrasah Diniyah Masjid Al-Hikmah Desa Ciomas dalam melaksanakan pembelajaran agama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini dua Guru Taman Pendidikan Al-Qur`an-Madrasah Diniyah Masjid Al-Hikmah Desa Ciomas. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku prososial Guru Taman Pendidikan Al-Qur`an terbagi menjadi tiga bentuk, yaitu volounterisme, empati dan altruisme. Dimana hal ini menjadi sebab akibat dari melanjutkan sebuah pewarisan yang melakukan sebuah komitmen dengan melaksanakan pembelajaran keagamaan dengan ikhlas, maka rezeki ataupun kemuliaan kemuliaan lain dengan sendirinya mereka dapatkan, meskipun ini tidak menghasilan secara keuangan, mereka tetap berkomitmen untuk melanjutkan pewarisan dengan banyak cobaan atau tekanan, seperti tekanan dari dalam keluarga sendiri, kemudian dari luar masyarakat. Dengan begitu hal seperti ini tidak dijadikan sebuah ketakutan oleh mereka, akan tetapi dijadikan sebagai motivasi ataupun semangat melakukan pembelajaran keagamaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Prososial, Komitmen Pewarisan
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Afifa Rachmawati sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:54
Last Modified: 27 Jul 2023 07:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21135

Actions (login required)

View Item View Item