Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca dan Menulis pada Siswa Kelas 1 MI Ma'arif NU Pasunggingan

Aldila, Oktafiyani (2023) Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca dan Menulis pada Siswa Kelas 1 MI Ma'arif NU Pasunggingan. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Aldila Oktafiyani_1917405022_PGMI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kesulitan belajar menjaadi salah satu faktor penghambat dalam proses pembelajaran. Siswa yang mengalami kesulitan belajar membutuhkan perhatian khusus dalam proses belajarnya. Penanganan kesulitan belajar pada siswa membutuhkan persiapan strategi yang efektif. Selain itu guru dituntut untuk aktif, kreatif, dan menguasai berbagai strategi pembelajaran. Karena tingkat kesulitan setiap siswa itu berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis pada siswa kelas 1 MI Ma’arif NU Pasunggingan. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis kualitatif deskriptif yang dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : strategi yang digunakan oleh guru kelas 1 adalah dengan metode membaca dasar, metode fonik, metode SAS (Struktural Analitik Sintetik), metode alfabetik, metode pengalaman bahasa. Dengan penggunaan strategi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Dampak dari penggunaan strategi tersebut yakni meningkatnya kemampuan membaca dan menulis siswa yang ditandai dengan siswa sudah mulai mampu membaca sendiri dan hanya saja belum bisa membedakan huruf yang hampir sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Membaca. Menulis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Reading
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aldila Oktafiyani sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:40
Last Modified: 28 Jul 2023 03:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21130

Actions (login required)

View Item View Item