PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI MA'ARIF NU PASIR KULON KARANGLEWAS BANYUMAS

Nadia Nurul, Hammidah (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI MA'ARIF NU PASIR KULON KARANGLEWAS BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
NADIA NURUL HAMMIDAH_PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI MA'ARIF NU PASIR KULON KARANGLEWAS BANYUMAS.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran, guru memerlukan model pembelajaran yang bersifat aktif, tujuannya adalah agar siswa memiliki semangat dalam belajar dan mudah memahami materi yang guru sampaikan, seperti model pembelajaran kontekstual yaitu mengkaitkan materi ke dalam situasi kehidupan nyata pada pembelajaran yang materi cakupannya luas seperti tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model pembelajaran kontekstual pada pembelajaran tematik di kelas II. Dengan adanya model pembelajaran kontekstual pada pembelajaran tematik ini, maka tujuan pembelajaran akan tercapai dengan baik di kelas II MI Ma’arif NU Pasir Kulon. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, lokasi yang diteliti adalah MI Ma’arif NU Pasir Kulon mengenai model pembelajaran kontekstual yang diterapkan guru kelas II, siswa kelas II dan kepala Madrasah. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 17 April 2023 hingga pada tanggal 18 Juni 2023 dengan menggunakan tiga metode untuk mengumpulkan data, yaitu menggunakan metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data mencakup : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran kontekstual pada pembelajaran tematik diterapkan pada tema 5 subtema 4 pada pembelajaran ke-4, tema 6 subtema 1 pada pembelajaran ke 3, tema 6 subtema 1 pada pembelajaran ke-3, tema 6, subtema 2 pembelajaran ke-1, tema 6 subtema 4 pada pembelajaran ke-4, serta pada tema 8 subtema 1 pada pembelajaran ke-1. Model ini menggunakan tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi serta menggunakan tiga aspek pembelajaran, yaitu aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik,dengan tujuh komponennya yaitu, mengkontruksi inkuiri, bertanya, mesyarakat belajar, permodelan, refleksi, serta penilaian sebenarnya. Kesimpulan dari penelitian ini, adalah guru menerapkan model pembelajaran kontekstual pada pembelajaran tematik telah mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan adanya model pembelajaran ini siswa dapat mengkaitkan antara materi pembelajaran dengan pengalamannya di dunia nyata serta dapat mengembangkan pola pikirnya dengan mewujudkan nilai-nilai pembelajaran pada kehidupan nyata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Pembelajaran Kontekstual, Tematik.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nadia Nurul Hammidah sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:29
Last Modified: 27 Jul 2023 08:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21129

Actions (login required)

View Item View Item