KOMUNIKASI INTERPERSONAL PASANGAN SUAMI ISTRI MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH UIN SAIZU ANGKATAN 2019 DALAM MENGIKUTI PERKULIAHAN

Khoerotul, Inganah (2023) KOMUNIKASI INTERPERSONAL PASANGAN SUAMI ISTRI MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH UIN SAIZU ANGKATAN 2019 DALAM MENGIKUTI PERKULIAHAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Khoerotul Inganah_Komunikasi Interpersonal Pas.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Komunikasi Interpersonal merupakan komunikasi yang terjadi antara dua orang atau lebih yang umpan baliknya dapat diketahui secara langsung. Komunikasi sangat penting dalam proses membina hubungan baik antara satu orang dengan lainnya. Komunikasi interpersonal juga diperlukan dalam hubungan rumah tangga, tak terkecuali dengan rumah tangga dari mahasiswa yang sudah menikah. Terdapat beberapa aspek untuk menjadikan komunikasi interpersonal lebih efektif. Tujuan dalam penelitian ini antara lain : (1) mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal yang terjadi antara pasangan suami istri mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan. (2) mengetahui hambatan dari komunikasi interpersonal pasangan suami istri mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan subjek penelitian terdiri dari mahasiswa Fakultas Dakwah UIN Saizu Angkatan 2019 yang sudah menikah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi sehingga menghasilkan sumber data dari penelitian. Hasil penelitian ini adalah : (1) menjelaskan komunikasi interpersonal yang terjadi antara pasangan suami istri mahasiswa Fakultas Dakwah UIN Saizu Angkatan 2019 dalam mengikuti perkuliahan. Ketiga subjek dalam penelitian ini menggunakan aspek efektivitas komunikasi interpersonal, yakni : keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif, dan kesamaanan. (2) menjelaskan hambatan yang dialami pasangan suami istri mahasiwa Fakultas Dakwah UIN Saizu Angkatan 2019 dalam mengikuti perkuliahan. Adapun hasilnya : Subjek pertama mengalami hambatan sosio-antro-psikologis dan hambatan mekanis. Sedangkan subjek kedua dan ketiga mengalami hambatan sosio-antro-psikologis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Mahasiswa Menikah, Mengikuti Perkuliahan
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 303 Social processes
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: KHOEROTUL INGANAH sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:07
Last Modified: 27 Jul 2023 07:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21128

Actions (login required)

View Item View Item