BIMBINGAN SPIRITUAL SEBAGAI ALTERNATIF REHABILITASI NON MEDIS BAGI PECANDU NARKOBA (Studi Kasus Pondok Pesantren Metal Tobat Sunan Kalijogo Gandrungmangu Kabupaten Cilacap)

Achmad, Tri Wahyudi (2023) BIMBINGAN SPIRITUAL SEBAGAI ALTERNATIF REHABILITASI NON MEDIS BAGI PECANDU NARKOBA (Studi Kasus Pondok Pesantren Metal Tobat Sunan Kalijogo Gandrungmangu Kabupaten Cilacap). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ACHMAD TRI WAHYUDI_BIMBINGAN SPIRITUAL SEBAGAI ALTERNATIF REHABILITASI NON MEDIS BAGI PECANDU NARKOBA (Studi Kasus Pondok Pesantren Metal Tobat Sunan Kalijogo Gandrungmangu Kabupaten Cilacap).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan obat-obatan terlarang atau NAPZA, sampai saat ini masih menjadi problem besar dan menjadi perhatian banyak kalangan, mengingat banyak sekali dampak buruk yang ditimbulkan dari penyalahgunaan narkoba, pencegahana penyalahgunaan narkoba harus dilaksanakan sejak dini, para pecandu merupakan korban yang harus diselamatkan, tidak dipinggirkan, dijauhi dan di pandang negative. Bentuk-bentuk rehabilitasi terhadap pecandu narkoba yang ditentukan oleh pemerintah sebagaimana dalam undang-undang dijelaskan bahwa pecandu narkoba harus menjalani dua tahap rehabilitasi yaitu rehabilitasi medis (detoksifikasi) dan rehabilitasi sosial. Pondok Pesantren Metal Tobat Sunan Kalijogo merupakan salah satu lembaga sosial yang menyelenggarakan rehabilitasi bagi para pecandu narkoba, akan tetapi proses rehabilitasi di Pondok Pesantren Metal Tobat ini tidak sesuai dengan prosedur rehabilitasi yang sudah diatur oleh pemerintah, malainkan hanya melalui rehabilitasi sosial dalam bentuk bimbingan spiritual di pesantren. Berdasarkan masalah ini maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai bimbingan spiritual sebagai alternatif rehabilitasi bagi pecandu narkoba, penelitian membahas tentang bagaimana peroses bimbingan spiritual sebagai alternatif rehabilitasi non medis bagi pecandu narkoba Studi Kasus Pondok Pesantren Metal Tobat Sunan Kalijogo Gandrungmangu Kabupaten Cilacap. Jenis data dan sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data dan menguji keabsahan data yang diperoleh menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bimbingan spiritual sebagai alternatif rehabilitasi non medis bagi pecandu narkoba di Ponpes Metal Tobat dibagi menjadi tiga bagian yaitu bimbingan keilmuan, bimbingan amaliyah, dan bimbingan riyadlah. bimbingan keilmuan melalui pengajaran, diajarkan ilmu-ilmu akhlak, ilmu syari’ah, ilmu fiqih dan ilmu al-Qur’an dan al-Hadist. Bimbingan amaliyah yaitu melalui amaliyah-amaliyah yang dilakukan dan dibaca setiap hari seperti terapi do’a, terapi sholat fardhu, dan terapi membaca al-Qur’an. Untuk bimbingan riyadloh yaitu melalui terapi puasa, terapi istihgosah, dan terapi muhadloroh. Sedangkan untuk pelaksanaan rehabilitasi di Pondok Pesantren Metal Tobat melalui enam tahapan yaitu; tahap asesmen santri, tahap adaptasi, tahap pra bimbingan, tahap bimbingan, tahap sosialisasi dan adaptasi dan tahap evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Spiritual, Rehabilitasi Non Medis, dan Pecandu Narkoba
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology > 155.6 Psychology of Adults
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology > 158.3 Counseling and Interviewing
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Achmad Tri Wahyudi sdr
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:49
Last Modified: 27 Jul 2023 07:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21123

Actions (login required)

View Item View Item