UPAYA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN BUDAYA LITERASI DI MI MUHAMMADIYAH 01 SAMBONG KECAMATAN PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA

Meli, Setiyani (2023) UPAYA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN BUDAYA LITERASI DI MI MUHAMMADIYAH 01 SAMBONG KECAMATAN PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Meli Setiyani_Upaya Sekolah dalam Membangun Budaya Literasi di MI Muhammadiyah 01 Sambong, Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Abstrak : Berdasarkan data PISA ( Programme For International Student Assessment ) tahun 2019 indonesia menempati ranking ke-62 dari 70 negara yang berpartisipasi. Hal tersebut menunjukan bahwa pendidikan literasi di Indonesia masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan sekolah dalam membangun budaya literasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian lapangan ( Field Research). Data penelitian dihasilkan dari berbagai macam instrument penelitian seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa upaya yang dilakukan sekolah dalam membangun budaya literasi yaitu menggunakan beberapa strategi dan tahapan. Strategi yang dilakukan yaitu sekolah menciptakan lingkungan yang ramah literasi, menciptakan lingkungan social yang akademis, mengikutsertakan guru dalam pelatihan pengembangan litrasi dan melakukan kegiatan peminjaman buku ke perpustakaan daerah sejumlah 250 eksemplar/ tiga bulan. Tahapan yang dilakukan sekolah yaitu dengan melakukan tahap pembiasaan membaca selama 10-15 menit dan tahap pengembangan yaitu memilih buku cerita yang menarik perhatian siswa. Dalam melaksanakan kegiatan literasi di sekolah terdapat kendala yang harus dihadapi diantaranya yaitu, kendala dalam bidang sarana dan prasarana yang belum memenuhi, karena sekolah belum memiliki ruang perpustakaan dan belum memiliki buku-buku cerita yang memadai sehingga harus melakukan peminjaman kepada perpustakaan daerah. Kata kunci : Literasi rendah, Strategi, Tahapan, Kendala

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi rendah, Strategi, Tahapan, Kendala
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: MELI SETIYANI sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:10
Last Modified: 27 Jul 2023 07:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21107

Actions (login required)

View Item View Item