SELF CONTROL MANTAN KORBAN PENYALAHGUNA NAPZA DALAM MENCEGAH RELAPSE PASCA REHABILITASI DI SENTRA SATRIA DI BATURRADEN

LELI, ISTIKOMAH (2023) SELF CONTROL MANTAN KORBAN PENYALAHGUNA NAPZA DALAM MENCEGAH RELAPSE PASCA REHABILITASI DI SENTRA SATRIA DI BATURRADEN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LELI ISTIKOMAH_SELF CONTROL MANTAN KORBAN PENYALAHGUNA NAPZA DALAM MENCEGAH RELAPSE PASCA REHABILITASI DI SENTRA SATRIA DI BATURRADEN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam surveynya menyebutkan bahwa 70% dari jumlah penyalahguna NAPZA memiliki kecenderungan untuk relapse pasca menjalankan rehabilitasi. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi seseorang mengalami relapse, yaitu seperti depresi, rendah diri, serta rendahnya self control dalam diri mantan korban penyalahguna NAPZA. Individu dengan self control yang rendah tidak dapat mengendalikan dan mengarahkan tingkah lakunya dari hal-hal yang negatif, sehingga bagi mantan penyalahguna NAPZA akan sangat mudah untuk kembali terjerumus untuk mengonsumsi NAPZA lagi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi yang dilakukan kepada mantan korban penyalahguna NAPZA yang berhasil tidak relapse pasca menjalankan program rehabilitasi. Subjek penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling dengan kriteria tertentu yang telah ditentukan oleh penulis. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan data dianalisi menggunakan reduksi data, penyajian data, serta kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa self control mantan korban penyalahguna NAPZA dalam mencegah relapse dengan cara menjalankan rutinitas yang positif, menggunakan waktu luang untuk hal-hal yang positif, mengontrol emosi, menjauhi pergaulan yang negative, membiasakan hidup yang positif, dan memiliki tujuan hidup, visi, dan misi yang jelas. Adanya kesadaran diri dan keinginan yang kuat dari dalam diri untuk tidak kembali relapse dan menjalani hidup yang lebih baik serta dukungan dari lingkungan terdekat juga menjadi faktor penting untuk menumbuhkan self control mantan korban penyalahguna agar tidak kembali relapse.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Self control, Mantan Korban Penyalahguna NAPZA, Relapse
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
300 Social sciences > 360 Social services; association > 364 Criminology
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Leli stikomah sdr
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:34
Last Modified: 27 Jul 2023 08:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21095

Actions (login required)

View Item View Item