PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SD NEGERI 1 SUDAGARAN KECAMATAN BANYUMAS KABUPATEN BANYUMAS

Rizcha, Amalia (2023) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SD NEGERI 1 SUDAGARAN KECAMATAN BANYUMAS KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rizcha Amalia_Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Di SD Negeri 1 Sudagaran Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan memiliki suatu peranan yang samgat penting dalam mewujudkan suatu sumber daya manusia yang berkualitas dan berbudi luhur. Untuk mewujudkan hal tersebut guru haruslah memiliki empat kompetensi guru profesional. Salah satu dari empat kompetensi tersebut yaitu kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik berhubungan langsung dengan kegiatan pembelajaran dan komunikasi dengan peserta didik. Kompetensi tersebut akan berdampak langsung terhadap hasil belajar yang diperoleh selama proses pembelajaran. Penelitian ini berjudul " Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V di SD Negeri 1 Sudagaran Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas ". Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V di SD Negeri 1 Sudagaran Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti merupakan jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara dan dokumentasi. Angket diberikan kepada 40 responden di kelas V. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Kompetensi pedagogik guru kelas V di SD Negeri 1 Sudagaran memiliki kriteria sedang dengan presentase 42,5%. 2) Hasil belajar siswa kelas V terbanyak berada pada kategori sedang dengan presentase 45%. 3) Terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa kelas V dibuktikan dengan besarnya pengaruh antara kedua variabel tersebut sebesar 82,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, Hasil Belajar, Siswa Kelas V
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: RIZCHA AMALIA sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:17
Last Modified: 27 Jul 2023 07:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21087

Actions (login required)

View Item View Item