ANALISIS PERBEDAAN PENGETAHUAN TENTANG BANK SYARIAH ANTARA MASYARAKAT PERKOTAAN DAN PERDESAAN DI KABUPATEN BANYUMAS (STUDI KASUS PADA KELURAHAN ARCAWINANGUN DAN DESA LIMPAKUWUS)

Estri, Afiani (2023) ANALISIS PERBEDAAN PENGETAHUAN TENTANG BANK SYARIAH ANTARA MASYARAKAT PERKOTAAN DAN PERDESAAN DI KABUPATEN BANYUMAS (STUDI KASUS PADA KELURAHAN ARCAWINANGUN DAN DESA LIMPAKUWUS). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ESTRI AFIANI_ANALISIS PERBEDAAN PENGETAHUAN TENTANG BANK SYARIAH ANTARA MASYARAKAT PERKOTAAN DAN PERDESAAN .pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bank syariah merupakan bank yang beroperasi sesuai dengan prinsip syariah dan dikenal bank yang bebas riba. Perkembangan bank syariah di Indonesia sangat pesan dalam beberapa dekade namun pertumbuhan dalam satu dekade ini menghambat laju pertumbuhan bank konvensional yang terkenal dengan riba. Perkembangan perbankan syariah di Indonesia masih terdapat beberapa kendala, salah satunya yaitu kurangnya pengetahuan serta pemahaman terkait perbankan syariah yang menyebabkan kurangnya minat nasabah untuk menggunakan Bank Syariah. Perbedaan yang terdapat pada pengetahuan Bank Syariah di kalangan masyarakat dalam penelitian ini yaitu masyarakat Kabupaten Banyumas. Dimana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat pengetahuan masyarakat perkotaan dan masyarakat perdesaan tentang bank syariah dan mengetahui perbedaan pengetahuan tentang bank syariah antara masyarakat perkotaan dan masyarakat perdesaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan penentuan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Sedangkan analisis data menggunakan uji Mann-Whitney. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kabupaten Banyumas yang berusia diatas 17 tahun. Sedangkan untuk sampel pada penelitian ini yaitu Desa Limpakuwus sebanyak 100 Responden dan masyarakat Kelurahan Arcawinangun sebanyak 100 responden yang diambil secara acak. Adapun Variabel pada penelitian ini adalah pengetahuan tentang bank syariah dengan 3 indikator penelitian yaitu : pengetahuan produk, pengetahuan manfaat, dan pengetahuan layanan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan tentang bank syariah antara masyarakat perkotaan dan masyarakat perdesaan yang artinya H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan tingkat pengetahuan tentang bank syariah untuk masyarakat perdesaan lebih rendah dibandingkan dengan masyarakat perkotaan. Hal ini dapat dilihat dari skor akhir dan rata-rata pada masyarakat perdesaan lebih rendah dibandingkan masyarakat perkotaan. Adapun dari ketiga indikator yang telah diteliti jumlah perolehan skor dan rata rata tertinggi hingga terendah dari kedua sampel yaitu : indikator pengetahuan layanan, indikator pengetahuan manfaat dan pada urutan terakhir terdapat pada indikator pengetahuan produk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pengetahuan, Masyarakat Kota, Masyarakat Desa, Dan Bank Syariah.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Estri Afiani
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:04
Last Modified: 27 Jul 2023 07:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21083

Actions (login required)

View Item View Item