BIMBINGAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN DAILY ACTIVITY PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB C DAN C1 YAKUT PURWOKERTO

Uswatun, Hasanah (2023) BIMBINGAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN DAILY ACTIVITY PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB C DAN C1 YAKUT PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Uswatun Hasanah_Bimbingan Orang Tua Dalam Pendampingan Daily Activity Pada Anak Tunagrahita di SLB C dan C1 Yakut Purwokerto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tunagrahita yakni anak yang secara signifikan memiliki kecerdasan di bawah rata-rata dan umumnya disertai dengan hambatan pada penyesuaian diri dengan lingkungan di sekitarnya. Mereka mengalami perkembangan intelegensi yang tertinggal atau terlambat dibandingkan dengan anak-anak normal pada umumnya. Hal ini menyebabkan anak tunagrahita mengalami hambatan dalam melakukan daily activitynya. Daily activity sendiri merupakan serangkaian aktivitas yang dilakukan secara rutin sebagai proses pembiasaan pada seseorang. Untuk membantu anak tunagrahita dalam menjalankan daily activitynya maka diperlukan bimbingan dari orang tua sebagai pihak yang paling dekat dan paling sering bersama anak, sehingga kemampuan anak dalam menjalankan daily activity akan meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bimbingan orang tua dalam mendampingi daily activity pada anak tunagrahita di SLB C dan C1 Purwokerto dan mengetahui bagaimana hambatan yang dialami oleh orang tua dalam mendampingi daily activity pada anak tunagrahita di SLB C dan C1 Purwokerto. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif, subjek dalam penelitian ini yaitu orang tua atau wali siswa SLB C dan C1 Yakut Purwokerto. Dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa bimbingan yang diberikan oleh orang tua dalam daily activity anak tunagrahita di SLB C dan C1 Yakut Purwokerto adalah keteladanan, pembiasaan, nasehat dan perhatian/ pengawasan. Hambatan yang dialami oleh orang tua dalam pemberian proses bimbingan kepaa anak tunagrahita adalah ketika anak sedang mengalami emosi yang meledak-ledak orang tua masih belum bisa meredakan hal tersebut dan orang tua merasa bingung harus bagaimana mengatasinya karena ketika emosi anak sedang meledak-ledak orang tua tidak bisa memberikan bimbingan apapun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Orang Tua, Daily Activity, Tunagrahita
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 154 Subconscious and altered states
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Uswatun Hasanah sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:30
Last Modified: 27 Jul 2023 03:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21076

Actions (login required)

View Item View Item