NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU HIJRAH JANGAN JAUH-JAUH, NANTI NYASAR! KARYA KALIS MARDIASIH

Sungging, Astuti (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU HIJRAH JANGAN JAUH-JAUH, NANTI NYASAR! KARYA KALIS MARDIASIH. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Sungging Astuti_Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Buku Hijrah Jangan Jauh-Jauh, Nanti Nyasar! Karya Kalis Mardiasih.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Persoalan hijrah seringkali dipahami dengan hitam putih, yang mana seseorang mudah mengkafirkan atau menyalahkan orang lain yang tidak sejalan dengan suatu golongan yang sedang berhijrah atau memiliki pemahaman yang berbeda dengan golongan tertentu. Adanya pemahaman yang demikian menimbulkan kesenjangan antara yang akan berhijrah dengan yang sudah berhijrah serta munculnya pemikiran yang ekstrem dan radikal pada gerakan tertentu. Namun, Islam tumbuh dengan sukacita, penuh kebaikan, dan dinamis sesuai dengan perkembangan zaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam Buku Hijrah Jangan Jauh-Jauh, Nanti Nyasar! dan relevansinya dengan pendidikan Islam kontemporer. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analisys). Sumber data yang digunakan peneliti adalah sumber data primer dari buku Hijrah Jangan Jauh-Jauh, Nanti Nyasar! karya Kalis Mardiasih dan sumber data sekunder berupa buku-buku, jurnal, dan sumber lain yang relevan. Hasil dari penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan Islam dalam Buku Hijrah Jangan Jauh-Jauh, Nanti Nyasar! karya Kalis Mardiasih meliputi nilai pendidikan akidah yang menekankan pada penerapan rukun iman. Nilai pendidikan akhlak yang menekankan pada implementasi akhlak dalam diri seseorang. Nilai pendidikan syariah yang menekankan pada urgensi ibadah dalam kehidupan sehari-hari. Adapun relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku tersebut dengan pendidikan Islam kontemporer yaitu memberikan landasan yang kuat bagi seseorang dalam menjalani kehidupan yang dinamis sesuai dengan perkembangan zaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai, Pendidikan Islam, Pendidikan Islam Kontemporer
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sungging Astuti
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:00
Last Modified: 27 Jul 2023 08:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21070

Actions (login required)

View Item View Item