IMPLEMENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA PEMBEALAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MI MA’ARIF NU 02 PASIR KIDUL PURWOKERTO BARAT PURWOKERTO

Azizah Mega, Yuliyanti (2023) IMPLEMENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA PEMBEALAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MI MA’ARIF NU 02 PASIR KIDUL PURWOKERTO BARAT PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifudin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_AZIZAH MEGA Y_1917405200.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran keterampilan berbicara mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV MI Ma’arif Nu 02 Pasir Kidul. Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan model pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan peserta didik secara penuh mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari, baik dalam lingkungan keluarga maupaun lingkungan masyarakat. Model Contextual Teaching and Learning (CTL) telah diterapkan di MI Ma’arif Nu 02 Pasir Kidul sesuai dengan teori CTL, yautu dengan menerapkan 7 komponen, yaitu inquiry, conctuctivism, questioning, learning community, reflection, dan authentic assessment. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi CTL di MI Ma’arif NU 02 Pasir Kidul dilakukan dalam 3 tahap yaitu perencaraan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Perencanaan pembelajaran meliputi kegiatan pembuatan RPP, menentukan metode dan media pembelajaran, dan menentukan sumber belajar. Kegiatan pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Sementara itu, kegiatan evaluasi meliputu kegiatan berlatih soal, atau kegiatan praktik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Contextual Teaching and Learning (CTL), keterampilan Berbicara, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: AZIZAH MEGA YULIYANTI sdri
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:02
Last Modified: 26 Jul 2023 07:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21068

Actions (login required)

View Item View Item