STRATEGI KOMPETITIF PEDAGANG ANGKRINGAN DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI USAHANYA (Studi Kasus Pada Angkringan Modern di Cilacap Kota)

Futni Kusuma, Wardani (2023) STRATEGI KOMPETITIF PEDAGANG ANGKRINGAN DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI USAHANYA (Studi Kasus Pada Angkringan Modern di Cilacap Kota). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
FUTNI KUSUMA WARDANI_STRATEGI KOMPETITIF PEDAGANG ANGKRINGAN DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI USAHANYA (Studi Kasus Pada Angkringan Modern di Cilacap Kota).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Menjamurnya usaha kuliner angkringan modern mengindikasikan tingginya semangat dalam berwirausaha untuk memenuhi kebutuhan konsumsi para pelanggannya. Dengan demikian strategi kompetitif menjadi problematika yang dirasakan oleh pedagang angkringan modern tersebut. Strategi kompetitif merupakan cara yang digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan keuntungan dengan menarik pelanggan yang lebih banyak. Angkringan Klangenan Ndeso yang berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan Kecamatan Cilacap Utara dan Angkringan Ningrat yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto Kecamatan Cilacap Tengah merupakan usaha bisnis di bidang kuliner yang sudah memiliki konsep modern dan memiliki ciri khas tersendiri dalam menarik para pelanggannya karena adanya inovasi yang diberikan oleh pemilik angkringan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana strategi yang digunakan oleh pemilik Angkringan Klangenan Ndeso dan Angkringan Ningrat agar mampu bersaing, mempertahankan eksistensi usahanya dan memperoleh keuntungan yang maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi dengan mengamati bagaimana strategi kompetitif yang dilakukan oleh pedagang angkringan Klangenan Ndeso dan Angkringan Ningrat , wawancara dengan pemilik dan konsumen kedua angkringan tersebut, dan dokumentasi sebagai pelengkap dari metode observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan data menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan strategi bersaing yang dilakukan oleh kedua angkringan modern tersebut yaitu menggunakan strategi diferensiasi, yang meliputi strategi diferensiasi produk, diferensiasi pelayanan, diferensiasi personil, diferensiasi saluran, dan diferensiasi citra. Dari kedua angkringan modern tersebut, pemilik bisnis Angkringan Klangenan Ndeso lebih menunjukkan keunggulan bisnisnya daripada Angkringan Ningrat seperti: pelayanan yang cepat dan ramah, tersedianya variasi makanan dan minuman, media yang digunakan untuk mengenalkan produknya serta tersedianya berbagai fasilitas termasuk tempat duduk dan ruangan yang nyaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Kompetitif, Angkringan Modern, Strategi Generik Diferensiasi
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Depositing User: Futni Kusuma Wardani sdri
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:04
Last Modified: 26 Jul 2023 07:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21067

Actions (login required)

View Item View Item