ANALISIS JUMLAH FI`LIYYAH DALAM KITAB `IẒAH AN-NĀSYI‘ĪN DAN KONSEP PEMBELAJARANNYA BAGI SISWA MTs KELAS VIII

Septo, Dwi Shohibul Izari (2023) ANALISIS JUMLAH FI`LIYYAH DALAM KITAB `IẒAH AN-NĀSYI‘ĪN DAN KONSEP PEMBELAJARANNYA BAGI SISWA MTs KELAS VIII. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Septo Dwi Shohibul Izari_ANALISIS JUMLAH FI`LIYYAH DALAM KITAB `IẒAH AN-NĀSYI‘ĪN DAN KONSEP PEMBELAJARANNYA BAGI SISWA MTs KELAS VIII.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Bahasa Arab merupakan bahasa Al-Qur’an, Hadist dan ritual keagamaan seperti sholat, dzikir, dan do’a. Tentunya setiap bahasa mempunyai gramatika tersendiri tidak terkecuali bahasa Arab. Gramatika bahasa Arab disebut juga ilmu naḥwu- ṣaraf atau juga ilmu qawā`id, dan salah satu yang dibahasa dalam gramatika Arab yaitu pembahasan tentang jumlah fi`liyyah yang mana pembahasan tersebut sangat penting untuk memahami bahasa Arab. Jumlah fi`liyyah sendiri adalah susunan kata yang diawali dengan kata kerja atau dalam bahasa Arab disebut fi`il baik berfaidah maupun tidak berfaidah. Banyak literatur keilmuan Islām karya ulama terdahulu dan ulama moderen yang menggunakan bahasa Arab. Salah satu yang terkenal adalah kitab `Iẓah an-nāsyi‘īn karya ulama terkenal bernama Syaikh Musṭafā Al-Galāyaini yang berasal dari Beirut, Libanon. Kitab `iẓah an-nāsyi‘īn berarti nasihat untuk generasi muda yang tentunya berisi nasihat dan budi pekerti yang luhur yang sangat penting bagi para generasi muda khususnya siswa MTs kelas VIII. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jumlah fi`liyyah yang termuat dalam kitab `Iẓah an-nāsyi‘īn serta konsep pembelajarannnya bagi siswa MTs kelas VIII. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan termasuk dalam jenis penelitian literatur atau bisa juga disebut dengan penelitian kepustakaan (library research) menggunakan metode dokumentasi dan analisis konten. Penelitian ini mengambil sumber data primer dari kitab `Iẓah an-nāsyi‘īn dan sumber data sekunder dari kitab ilmu naḥwu serta buku dan jurnal yang berkaitan. Hasil penelitian dalam kitab `Iẓah an-nāsyi‘īn terdapat jumlah fi`liyyah yang mempunyai kedudukan i`rab berjumlah 509 dan jumlah fi`liyyah yang tidak mempunyai kedudukan i`rab sebanyak 429. Pendekatan pembelajaran menggunakan pendekatan komunikatif, metode pembelajaran yang digunakan adalah metode gramatika terjemah, terknik pembelajaran meliputi maharah istima`, maharah kalam, maharah qira’ah dan maharah kitabah. Media pembelajaran yang digunakan disesuaikan dengan Teknik pembelajaran yang dilakukan meliputi suara guru, gambar/foto, teks percakapan, papan tulis, kartu bergambar. Untuk evaluasi pembelajaran dilakukan tes gramatika atau tata bahasa antara lain tes kata pecahan, tes menyusun kata dan tes memasangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jumlah Fi`liyyah, Kitab `Iẓah an-nāsyi‘īn, Konsep Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Septo Dwi Shohibul Izari
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:15
Last Modified: 26 Jul 2023 07:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21063

Actions (login required)

View Item View Item