Analisis Moral Anak Usia Dini dalam Serial Animasi Riri Cerita Anak Interaktif dan Relevansinya dengan Capaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini

Maulidia, Syania Putri (2023) Analisis Moral Anak Usia Dini dalam Serial Animasi Riri Cerita Anak Interaktif dan Relevansinya dengan Capaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Maulidia Syania Putri_Analisis Moral Anak Usia Dini dalam Serial Animasi Riri Cerita Anak Interaktif dan Relevansinya dengan Capaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini.pdf

Download (985kB) | Preview

Abstract

Moral merupakan pendidikan yang harus diterima sejak anak berusia dini. Hal tersebut akan membuat anak akan mudah diterima di lingkungannya kelak. Perkembangan moral anak usia dini sangat berkaitan dengan perilaku sopan santun, budi pekerti, dan kemauan anak dalam melakukan hal yang baik untuk kehidupan sehari-hari. Tayangan animasi sangat digemari, bahkan anak usia dini. Salah satunya yaitu serial animasi Riri Cerita Anak Interaktif. Terkadang, ada beberapa adegan dalam tayangan yang harus dijelaskan orang tua pada anak, agar anak tidak salah mengartikan apa yang sebenarnya hikmah dalam tayangan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan aspek moral anak usia dini dalam serial animasi Riri Cerita Anak Interaktif (2) untuk mendeskripsikan kesesuaian moral anak usia dini dalam serial Riri Cerita Anak Interaktif dengan capaian pembelajaran pendidikan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatakan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu : (1) Aspek moral anak usia dini dalam serial animasi Riri Cerita Anak Interaktif adalah (a) religius merupakan sifat yang menyangkut keagamaan dan kepercayaan dengan Tuhan; (b) interaksi sosial merupakan sikap mau berbagi dan bergotong royong; (c) kejujuran merupakan tindakan menyampaikan kebenaran dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan; (d) disiplin adalah perilaku yang menunjukan tertib dan patuh dalam peraturan; (e) memerhatikan dan merawat orang lain salah satu sikap yang diajarkan untuk menghormati dan memperlakukan orang lain dengan baik; (f) empati merupakan sikap yang menunjukkan sikap peduli dan dapat memahami orang lain; (g) menghargai prestasi orang lain merupakan sikap menghargai hasil karya orang lain. (2) Relevansi aspek moral anak usia dini dalam serial animasi Riri Cerita Anak Interaktif sesuai dengan pembelajaran pendidikan anak usia dini, yakni 3 elemen yaitu (a) elemen nilai agama dan budi pekerti yang berindikator anak menghargai sesama manusia dengan berbagai perbedaannya dan mempraktikkan perilaku baik dan berakhlak mulia; (b) elemen jati diri yang berindikator anak mengekspresikan, dan mengelola emosi diri serta membangun hubungan sosial secara sehat; dan (c) elemen dasar-dasar literasi, matematika, sains, teknologi, rekayasa, dan seni anak memahami berbagai informasi, mengomunikasikan perasaan dan pikiran secara lisan, serta membangun percakapan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Moral, Riri Cerita Anak Interaktif, Capaian Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Maulidia Syania Putri sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:56
Last Modified: 27 Jul 2023 06:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21054

Actions (login required)

View Item View Item