Strategi Komunikasi Public Relations PT. Tanur Muthmainnah Tour Cabang Purwokerto Dalam Memperoleh Trust Masyarakat

Akbar, Tabahrokhah (2023) Strategi Komunikasi Public Relations PT. Tanur Muthmainnah Tour Cabang Purwokerto Dalam Memperoleh Trust Masyarakat. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Akbar Tabahrokhah_Strategi Komunikasi Public Relations PT. Tanur Muthmainnah Tour Cabang Purwokerto Dalam Memperoleh Trust Masyarakat.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dibuat berawal dari keresahan masyarakat terhadap beberapa oknum Travel Haji dan Umrah yang tidak amanah. Hal ini menyebabkan turunnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap travel yang berlaku jujur dan amanah. Oleh sebab itu pihak perusahaan terutama public relations perlu mengembalikan tingkat kepercayaan masyarakat kepada perusahaannya. Sehingga dibuatnya penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi public relations yang digunakan oleh PT. Tanur Muthmainnah Tour Cabang Purwokerto dalam memperoleh trust dari masyarakat. Penelitian ini tentunya bisa menjadi acuan untuk para public relations lainnya dalam memperoleh trust masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang hasilnya di tuangkan dalam bentuk deskripsi. Data dikumpulkan dengan cara melakukan observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuisioner. Wawancara dilakukan kepada 6 narasumber yang tentunya ahli dibidangnya. Peneliti juga menerapkan metode pengambilan keputusan dengan Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan secara matematis strategi apa yang paling berpengaruh dan paling berkontribusi dalam memperoleh trust masyarakat. Dari penelitian ini dihasilkan strategi komunikasi yang dilakukan oleh PT. Tanur Muthmainnah Tour Cabang Purwokerto sesuai dengan teori strategi public relations yang bernama PENCILS (publications, event, news, community involvement, inform or image, lobbying and negotiation, social responbility). Dalam hal ini PT. Tanur menerapkan 4 strategi yaitu event (seminar), community involvement (kajian), lobbying and negotiation (pertemuan spontan), social responbility (door to door). Kemudian untuk menentukan strategi prioritas dan yang paling berkontribusi dalam memperoleh trust masyarakat, peneliti menerapkan metode AHP dan ditemukanlah hasil bahwa strategi dengan mengadakan seminar (event) menjadi strategi paling efektif dalam memperoleh trust.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi komunikasi, public relations, trust, PENCILS, analytical hierarchy process.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Akbar Tabahrokhah sdr
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:02
Last Modified: 26 Jul 2023 07:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21040

Actions (login required)

View Item View Item