ISLAM NUSANTARA SEBAGAI PONDASI PENDIDIKAN REVOLUSI MENTAL (DALAM PERSPEKTIF KH. A. MUSTOFA BISRI) SKRIPSI

EMIR RASYID FAJRIAN, 1223301029 (2016) ISLAM NUSANTARA SEBAGAI PONDASI PENDIDIKAN REVOLUSI MENTAL (DALAM PERSPEKTIF KH. A. MUSTOFA BISRI) SKRIPSI. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
EMIR RASYID FAJRIAN_ISLAM NUSANTARA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTKA_DOKUMENTASI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Nusantara dan Revolusi Mental sangat berkaitan erat dengan melihat kondisi sekarang ini, dunia diresahkan oleh fenomena merosotnya nilai kemanusiaan dan kekacauan yang terjadi di kawasan Timur Tengah. Kemudian hal yang sama juga terjadi di negeri kita sendiri yakni maraknya korupsi, sogok menyogok, dan sebagainya. Dimana dengan melihat fakta tersebut revolusi mental diperlukan untuk menyiapkan generasi emas 2045. Hal tersebut digunakan dalam membangun manusia produktif, kreatif, inovatif, berkarakter dan berkeahlian sesuai minat dan kemampuan individu. Dan dalam mewujudkan hal tersebut menurut KH. A. Mustofa Bisri diperlukan adanya peran dari Islam Nusantara sebagai solusi untuk peradaban. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian terkait Islam Nusantara sebagai Pondasi Pendidikan Revolusi Mental (dalam perspektif KH. A. Mustofa Bisri). Berdasarkan rumusan masalah yang ada, maka Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan konsep Islam Nusantara dan pendidikan revolusi mental, dan mendeskripsikan pemikiran mendasar dari KH. A. Mustofa Bisri. Jenispenelitianinimerupakanpenelitian tokoh. Penulis menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis wacana. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berbagai dokumen tertulis yang berisi pemikiran KH. A. Mustofa Bisri tentang Islam Nusantara dan Pendidikan Revolusi Mental. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelusuran dan kajian dokumentasi serta wawancara. Sedangkan untuk teknik analisis data, peneliti menggunakan teknik analisis wacana dengan model yang dikembangkan oleh A. van Dijk yang terdiri dari struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran KH. A. Mustofa Bisri tentang Islam Nusantara dan Pendidikan Revolusi Mental antara lain dalam memaknai Islam Nusantara adalah Islam yang khas ala Indonesia yang merupakan gabungan nilai Islam teologis dengan nilai-nilai tradisi lokal, budaya dan adat istiadat di Nusantara. Karakter Islam Nusantara menunjukan adanya kearifan lokal di Nusantara yang tidak melanggar ajaran Islam, namun justru menyinergikan ajaran Islam dengan adat istiadat lokal yang banyak tersebar di wilayah Nusantara. Revolusi mental diperlukan untuk menggeser kembali pandangan ke arah yang benar, sehingga langkah-langkah yang ditempuh pun menjadi benar. Kita harus berani membuat gerakan, atau dengan kata lain harus ada revolusi mental dari Tuhan banyak (polytheisme) menjadi Tuhan satu (monoteisme). Kata kunci :Islam Nusantara, Pendidikan Revolusi Mental, KH. A. Mustofa Bisri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Islam Nusantara, Pendidikan Revolusi Mental, KH. A. Mustofa Bisri.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.4 Pemurnian dan Pembaharuan Pemikiran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 26 Jan 2017 02:08
Last Modified: 26 Jan 2017 02:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2104

Actions (login required)

View Item View Item