Implementasi Discovery Learning Berbantuan Puzzle Pythagoras Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Viii Mts Muhammadiyah 01 Purbalingga

Fatikhatun, Mutmainah (2023) Implementasi Discovery Learning Berbantuan Puzzle Pythagoras Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Viii Mts Muhammadiyah 01 Purbalingga. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Fatikhatun Mutmainah_Implementasi Discovery Learning Berbantuan Puzzle Pythagoras Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Viii Mts Muhammadiyah 01 Purbalingga.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 01 Purbalingga. Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kemampuan siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika. Faktor eksternal yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis adalah metode dan media pembelajaran yang digunakan. Peneliti menerapkan model discovery learning berbantuan media pembelajaran yang merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model discovery learning berbantuan media puzzle Pythagoras dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah 01 Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 01 Purbalingga yang berjumlah 163 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII C yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa observasi dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa model discovery learning berbantuan puzzle Pythagoras terlaksana dengan sangat baik. Hasil analisis data yang telah dikerjakan menggunakan uji T, dimana uji perbandingan post-test yang memperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 yang berarti terdapat perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi model discovery learning berbantuan puzzle Pythagoras efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 01 Purbalingga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Matematika, Puzzle Pythagoras
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fatikhatun Mutmainah sdri
Date Deposited: 26 Jul 2023 08:18
Last Modified: 26 Jul 2023 08:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21035

Actions (login required)

View Item View Item