Peran Pedagang Perempuan Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Dalam Perspektif Islam (Studi Kasus di Pasar Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah)

Lia, Muslikhatun (2023) Peran Pedagang Perempuan Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Dalam Perspektif Islam (Studi Kasus di Pasar Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Lia Muslikhatun_Peran Pedagang Perempuan Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Dalam Perspektif Islam (Studi Kasus di Pasar Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Seorang istri berperan sebagai pedagang memberi dampak yang sangat kuat, baik dalam pengelolaan uang atau pendapatan, maupun inisiatif dalam pemenuhan kebutuhan keluarga, serta telah ikut andil dalam menambah pendapatan keluarga, sehingga perekonomian keluarga menjadi lebih baik. Perempuan dalam Islam ibarat tiang negara, jika baik maka negara baik, dan jika rusak maka negara rusak. Islam tidak membeda-bedakan perempuan dan laki-laki. Ajaran Islam yang ditetapkan oleh Nabi Muhammad SAW, mengakui hak usaha dan profesi yang serupa dengan hak usaha dan profesi laki-laki. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Peran Pedagang Perempuan Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Dalam Perspektif Islam Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penulis terjun langsung ke lapangan yaitu pasar Ajibarang. Penulis menggunakan teknik analisis data yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan metode membercheck dan triangulasi. Dalam menganalisis data, peneliti melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pedagang perempuan yang bekerja di pasar Ajibarang belum dapat sepenuhnya meningkatkan kesejahteraan keluarganya, hal ini dikarenakan 10 dari pedagang tidak semua mengalami peningkatan kesejahteraan di dalam keluarganya. Selain itu, 4 dari 10 pedagang perempuan di pasar Ajibarang belum sepenuhnya sesuai pandangan Islam dikarenakan tidak dapat menjalankan tugasnya sebagai ibu rumah tangga dengan sempurna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Pedagang Perempuan, Kesejahteraan Keluarga
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.4 Kedudukan Wanita dalam Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lia Muslikhatun sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:15
Last Modified: 27 Jul 2023 03:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21034

Actions (login required)

View Item View Item