ANALISIS STRATEGI MEMBANGUN BRAND IMAGE MELALUI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN HOME INDUSTRY CIRENG JHON PASIR KECAMATAN KARANGLEWAS

KHOERUNISA, ATIKA (2023) ANALISIS STRATEGI MEMBANGUN BRAND IMAGE MELALUI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN HOME INDUSTRY CIRENG JHON PASIR KECAMATAN KARANGLEWAS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ATIKA_1917201220.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Brand Image menjadi pembeda produk satu dengan produk yang lainya, sehubungan dengan kualitas, kebanggaan dan kepuasan yang melekat pada merek dapat menjadi faktor penentu keberhasilan suatu usaha. Penelitian ini berfokus pada Cireng Jhon Pasir, sebuah usaha cireng yang menonjolkan keunggulan dalam rasa dan pelayanan melalui strategi digital marketing. Dalam era digital marketing yang serba modern dan kompetitif, brand image menjadi unsur penting dalam memperoleh daya saing tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi brand image yang dibangun oleh Cireng Jhon Pasir, strategi digital marketing yang diterapkan, serta dampaknya terhadap peningkatan penjualan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cireng Jhon Pasir membangun brand image melalui penciptaan logo sebagai identitas mudah dikenal, serta kemasan label dengan desain kreatif yang unik untuk mempengaruhi persepsi konsumen dan meningkatkan penjualan. Strategi digital marketing yang diterapkan mencakup promosi melalui media sosial, market place, serta kerjasama dengan jasa layanan pesan antar. Pemanfaatan bauran pemasaran 4P dan 4C juga menjadi bagian penting dari strategi digital marketing yang dilakukan. Dalam konteks peningkatan penjualan, pemanfaatan digital marketing dalam membangun brand image terbukti sangat efektif bagi Cireng Jhon Pasir. Digital marketing membantu memperluas jangkauan konsumen, meningkatkan aksesibilitas bagi konsumen untuk membeli produk, serta memungkinkan usaha untuk mengumpulkan ulasan dan testimoni dari konsumen. Secara keseluruhan, penelitian ini menyoroti pentingnya strategi digital marketing dalam membangun brand image yang kuat dan berdampak positif terhadap kesuksesan bisnis, terutama dalam era digital yang terus berkembang. Kata Kunci : Brand image, digital marketing, dan pertumbuhan penjualan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Atika Khoerunisa sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:21
Last Modified: 27 Jul 2023 01:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21033

Actions (login required)

View Item View Item