ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI ZAKAT DALAM LAPORAN KEUANGAN ORGANISASI PENGELOLA ZAKAT MENURUT PSAK NOMOR 109 SEBAGAI TOLAK UKUR KINERJA ORGANISASI (STUDI KASUS BAZNAS KABUPATEN BANYUMAS)

Deri, Pramana Putra (2023) ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI ZAKAT DALAM LAPORAN KEUANGAN ORGANISASI PENGELOLA ZAKAT MENURUT PSAK NOMOR 109 SEBAGAI TOLAK UKUR KINERJA ORGANISASI (STUDI KASUS BAZNAS KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Deri Pramana Putra_Analisis Penerapan Akuntansi Zakat dalam Laporan Keuangan Organisasi Pengelola Zakat Menurut PSAK Nomor 109 Sebagai Tolak Ukur Kinerja Organisasi (Studi Kasus BAZNAS Kabupaten Banyumas).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Zakat merupakan ibadah yang memiliki nilai sosial yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Semakin tinggi tingkat perolehan zakat, maka semakin baik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Total perolehan zakat di Indonesia khususnya pada Kabupaten Banyumas masih belum sesuai dengan potensi zakat yang ada. BAZNAS Kabupaten Banyumas sangat berperan penting dalam peningkatan perolehan zakat sesuai potensi yang ada di Kabupaten Banyumas. Pengelolaan zakat yang baik tidak terlepas dari akuntansi zakat yang akurat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana teknik penerapan akuntansi zakat pada BAZNAS Kabupaten Banyumas, bagaimana kesesuaiannya dengan PSAK 109, dan bagaimana penerapan transparansi terkait akuntansi zakat pada BAZNAS Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah obsservasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah amil BAZNAS Kabupaten Banyumas sebagai informan penelitian. Objek dalam penelitian ini dilakukan di BAZNAS Kabupaten Banyumas mengenai analisis penerapan akuntansi zakat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa teknik yang diterapkan dalam akuntansi zakat pada BAZNAS Kabupaten Banyumas sesuai dengan PSAK 109 sehingga peningkatan potensi zakat di Kabupaten Banyumas dapat tercapai. Nilai tukar pada BAZNAS Kabupaten Banyumas disusun berdasarkan konsep harga historis. Penerimaan diakui pada saat dana diterima sedangkan pengeluaran diakui dengan dasar akrual. Penerimaan dana terdiri dari dana zakat, infak/sedekah, hibah, APBD, dan dana non halal (bank dan jasa giro). Penerapan transparansi terkait akuntansi zakat pada BAZNAS Kabupaten Banyumas masih belum optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Zakat, Akuntansi Zakat, PSAK 109, BAZNAS
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat
300 Social sciences > 330 Economics
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 544 Qualitative analysis
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Deri Pramana Putra
Date Deposited: 27 Jul 2023 05:43
Last Modified: 27 Jul 2023 05:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21018

Actions (login required)

View Item View Item