STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING LEMBAGA PENDIDIKAN MELALUI OPTIMALISASI KEGIATAN PEMBIASAAN KEAGAMAAN DI SD IT AL-AMBARY DUKUTURI BUMIAYU BREBES

Resti, Rahmawati (2023) STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING LEMBAGA PENDIDIKAN MELALUI OPTIMALISASI KEGIATAN PEMBIASAAN KEAGAMAAN DI SD IT AL-AMBARY DUKUTURI BUMIAYU BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Resti Rahmawati_Strategi Peningkatan .pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Dunia pendidikan yang semakin berkembang, pada zaman sekarang ini lembaga pendidikan jumlahnya sangat banyak, sehingga menimbulkan persaingan antar lembaga pendidikan. Dari permasalahan tersebut lembaga pendidikan dituntut untuk kreatif menciptakan dan mengembangkan strategi kebijakan lembaga untuk dapat mengembangkan dan meningkatkan daya saing lembaga, kemudian untuk menarik animo masyarakat dalam menyekolahkan anaknya di lembaga pendidikan tersebut. Dari hal tersebut selanjutnya SD IT Al-Ambary Dukuturi Bumiayu menjadi lembaga pendidikan yang menonjolkan bidang keagamaanya sebagai daya tarik yang dimilikinya. Peningkatan daya saing lembaga pendidikan di SD IT Al-Ambary membutuhkan strategi yang dapat menjadi daya tarik bagi lembaga yaitu melalui penerapan kegiatan pembiasaan keagamaan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif untuk memahami fenomena mengenai subjek yang diteliti dan menghasilkan data deskriptif melalui tahapan wawancara, observasi dan dokumentasi dalam penelitian. Lokasi yang diteliti adalah SD IT Al-Ambary Dukuturi Bumiayu Brebes dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru dan ketua komite. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang Strategi Peningkatan Daya Saing Lembaga Pendidikan Melalui Optimalisasi Kegiatan Pembiasaan Keagamaan Di SD IT Al-Ambary Dukuturi Bumiayu Brebes yaitu dengan banyaknya jumlah peserta didik setiap tahun dan menerapkan program pembiasaan keagamaan yang banyak sekaligus berbeda dari lembaga pendidikan lain. Sehingga menarik animo masyarakat dan mendapatkan respon tanggapan positif dari masyarakat melalui output yang dihasilkan lembaga pendidikan dengan optimalisasi pembiasaan keagamaan menjadi strategi peningkatan daya saing lembaga pendidikan. Pengoptimalisasian kegiatan pembiasaan keagamaan yang dilakukan di SD IT Al-Ambary Dukuturi Bumiayu dengan membuat jadwal rutin setiap harinya untuk dilaksanakan oleh peserta didik, kemudian dalam kegiatan pembiasaan keagamaan tersebut dikontrol dan diawasi oleh guru penanggung jawab pada setiap kegiatan pembiasaan dan kepala sekolah juga ikut mengontrol. Guru bertugas mengajari peserta didik dengan detail yang belum mengerti mengenai tata cara untuk melaksanakan pembiasaan keagamaan sehingga dapat terwujud tujuan dari program tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Daya Saing, Pembiasaan Keagamaan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Resti Rahmawati sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 05:25
Last Modified: 27 Jul 2023 05:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21016

Actions (login required)

View Item View Item